• Yogyakarta Tambah Tiga ATCS Teknologi Baru

    0

        Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Perhubungan akan menambah jumlah lampu lalu lintas yang dilengkapi dengan “area traffic control system” di tiga simpang dengan mengusung teknologi baru untuk meningkatkan efektivitas pengaturan lalu lintas.
    “Lelang sudah selesai, tinggal penandatanganan kontrak untuk kemudian dilanjutkan dengan pemasangan alat. Tidak butuh waktu lama untuk memasang sistem tersebut,” kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Jumat.
    Ketiga lampu lalu lintas yang akan dilengkapi dengan “area traffic control system” (ATCS) tersebut masing-masing berada di simpang jalan dekat dengan Kampus APMD yang berada di Jalan Ipda Tut Harsono, simpang jalan dekat kantor BPK Perwakilan DIY serta berada di simpang jalan sekitar Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).
    Ketiga simpang tersebut, lanjut Windarto membutuhkan ATCS karena kondisi lalu lintasnya sangat fluktuatif, sehingga jika terjadi kepadatan dibutuhkan penanganan secepatnya.
    “Misalnya saja jalan di dekat kampus AMPD yang kerap macet panjang saat ada acara pernikahan. Dalam kondisi demikian, maka dibutuhkan penanganan yang cepat untuk mengurai kepadatan,” katanya.
    Oleh karena itu, lanjut Windarto, ATCS yang nantinya terpasang akan dilengkapi dengan lebih banyak detektor sehingga bisa dioperasionalkan secara manual maupun otomatis menyesuaikan kepadatan lalu lintas di lokasi tersebut.

        Selain pertimbangan kondisi lalu lintas, pemasangan ATCS di dekat kampus UKDW merupakan kelanjutan dari program pemasangan ATCS di simpang Galeria Mall. Begitu pula dengan pemasangan ATCS di dekat kantor BPK merupakan kelanjutan program dari simpang Wirobrajan dan Badran
    Dengan tambahan tiga ATCS baru, maka jumlah simpang di Kota Yogyakarta yang dilengkapi dengan ATCS tercatat sebanyak 24 simpang atau hampir separuh dari total simpang yang ada di Kota Yogyakarta.
    Selain menggunakan anggaran dari Pemerintah Kota Yogyakarta, pemasangan ATCS juga dilakukan oleh Pemerintah DIY. “Ada delapan ATCS yang dipasang DIY,” katanya.
    Selain ATCS, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga menambah lampu lalu lintas tenaga surya yang akan dipasang di simpang Gondomanan.
    “Sudah banyak sekali infrastrutur dan kabel yang ada di sekitar simpang tersebut sehingga akan menyulitkan jika penggantian lampu lalu lintas masih dilakukan dengan menggali kabel bawah tanah. Oleh karena itu, dipilih lampu lalu lintas tenaga surya,” katanya.
    Total anggaran yang dikeluarkan untuk penambahan tiga ATCS dan penggantian lampu lalu lintas tenaga surya mencapai sekitar Rp1,2 miliar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com