• Warga Usulkan Pemekaran Desa Pemangkat Kota

    0

       Pontianak, jurnalsumatra.com – Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Pemangkat Kota Murtani membenarkan sejumlah usulan dan aspirasi masyarakat tentang perlu dimekarkannya desa Pemangkat Kota menjadi dua desa.
    “Memang ada usulan dan wacana ini serta sudah ditindaklanjuti dengan pembuatan tim pemekaran. Nanti kita akan bawa ke rapat desa lagi,” ujarnya saat dihubungi di Sambas, Jumat.
    Murtini menambahkan usulan pemekaran tersebut akan disosialisasikan ke masyarakat. Jika memang diterima masyarakat maka akan dibuatlah desa persiapan yang merupakan bagian wilayah desa induk.
    “Bulan-bulan ke depan kita akan sosialisasi ke warga dan tahun depan lebih kita galakkan,” katanya.
    Prakarsa masyarakat ini, kata Murtani, diwadahi dalam tim pemekaran. Dalam UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa pasal 8, yang berisikan syarat pembentukan desa baru.
    “Tentu ada proses yang harus dijalani karena penetapan terbentuknya desa baru harus ditetapkan di peraturan daerah,” katanya.

       Faktor lainya, jelasnya, sebagaimana tertulis di UU ini adalah menyangkut kondisi sosial budaya masyarakat desa serta kemampuan dan potensi Desa. Tentang syarat, jika mengacu UU maka pertama batas usia desa induk paling sedikit lima tahun terhitung sejak pembentukan.
    “Sedangkan dari segi jumlah penduduk khusus untuk Kalbar paling sedikit 1.500 jiwa atau 300 kepala keluarga dan tentu saja batas desa. Saya wacana pemekaran yang  diusulkan ini bisa diakomodir pihak desa dan Pemkab Sambas serta didukung warga lainya,” katanya.
    Sementara itu, anggota BPD Desa Pemangkat Kota, Isa Anshari mengatakan sebagai lembaga desa yang mewadahi aspirasi masyarakat Desa tentu hal ini sangat diapresiasi.
    “Kita menghargai usulan ini, nantinya akan dilihat seberapa besar dukungan masyarakat. Kalau memang layak dimekarkan kita usulkan,” ungkapnya.
    Tentunya, kata dia, usulan pemekaran ini tidak lain dalam upaya mendekatkan pelayanan publik dan pemerataan pembangunan di segala bidang.
    “Karena kami menganggap juga desa Pemangkat Kota saat ini luas dengan penduduk yang kian padat,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com