• Warga Rutan Temanggung Ikuti Lomba Olahraga Tradisional

    0

         Temanggung, jurnalsumatrta.com – Warga binaan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Temanggung, Jawa Tengah, mengikuti berbagai lomba olahraga tradisional yang digelar rutan tersebut untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-71 Republik Indonesia.
    Kepala Rutan Temanggung, Sagiman, di Temanggung, Senin, mengatakan jenis lomba yang digelar, yakni gobak sodor, egrang, tarik tambang, dan terompah panjang.
    Ia mengatakan sebelum dilaksanakan lomba para warga binaan pada pukul 07.00 WIB menyanyikan lagu “Hari Merdeka” secara bersama-sama di halaman dalam rutan. Saat menyanyi masing-masing warga binaan mengayun-ayunkan bendera merah putih kecil di tangan mereka.
    Ia menuturkan kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ini merupakan instruksi dari Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM.
    “Setiap tahun kami sebenarnya juga menyelenggarakan kegiatan ini, namun untuk tahun ini lebih ditingkatkan dengan menambah jenis lomba berupa terompah panjang dan menyanyikan lagu Hari Merdeka secara bersama-sama untuk memecahkan rekor,” katanya.

         Ia mengatakan lomba diikuti perwakilan masing-masing kamar dari 14 kamar yang ada di Rutan Temanggung.
    Ia berharap melalui kegiatan lomba ini dapat mempererat persaudaraan di antara warga binaan.
    “Kegiatan yang juga sebagai sarana hiburan ini memerlukan kerja sama dalam satu tim, terutama untuk terompah panjang, tarik tambang, dan juga gobak sodor,” katanya.
    Berdasarkan pantauan, kegiatan lomba tersebut berlangsung meriah, semua warga binaan berada di halaman dalam rutan untuk mendukung tim mereka.
    Pada perlombaan terompah panjang beberapa tim terlihat jatuh bangun saat beradu cepat dengat tim lain.
    Sagiman mengatakan Rutan Temanggung saat ini dihuni sebanyak 180 warga binaan, terdiri atas 94 narapidana dan 86 tahanan.
    “Sehubungan dengan diselenggarakannya lomba ini, maka kunjungan keluarga warga binaan pada hari ini diliburkan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com