• Unand Terus Upayakan Jadi PTN-BH

    0

         Padang,  jurnalsumatra.com – Universitas Andalas (Unand) Padang,  Sumatera Barat (Sumbar), terus mengupayakan jadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) setelah mendapat mandat 2015 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
    “Mandat Kemenristek Dikti masih berlaku,  kami terus mempersiapkan diri untuk berbadan hukum,” kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni di Padang,  Senin.
    Dia menyebutkan beberapa prasyarat untuk PTN BH terus dikejar seperti pemenuhan akreditasi internasional,  nasional A dan komposisi Doktor capai lebih 60 persen.
    Dalam hal akreditasi internasional,  pihaknya sedang mengupayakan beberapa program studi masuk akreditasi ASEAN,  AUN QA.
    “Melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan beberapa prodi tersebut digenjot dalam penyiapan dokumen akreditasinya,” tambahnya.
    Bahkan beberapa prodi seperti Pendidikan Dokter,  Farmasi,  Biologi dan Akuntansi dinilai siap untuk diajukan ke dalam AUN QA.
    Kemudian fakultas Teknik juga sedang disiapkan untuk meraik akreditasi teknik tingkat dunia ABET.
    Terakhir telah ada kunjungan dari tim penilai ABET beberapa minggu lalu guna mengecek kesiapan fakultas.

         “Diharapkan pada tahun depan gelar ABET dapat diraih,” ujarnya.
    Kemudian dalam hal mengejar komposisi dosen yang bergelar doktor,  pihaknya terus mengirimkan dosen untuk berkuliah program doktor baik di dalam maupun luar negeri.
    Diharapkan dalam dua tahun ke depan katanya, sebagian besar dosen bergelar doktor.
    Disamping itu dalam meratakan akreditasi prodi hingga A dan menhilangkan yang C,  pihaknya juga mendorong reakreditasi kepada prodi.
    “Terlepas dari itu semua kami juga mengupaya peningkatan kualitas dalam tenaga kependidikan,  mahasiswa hingga memperkuat pembangunan infrastruktur,” lanjutnya.
    Kesemua itu semata hanya untuk mengejar PTN BH yang dapat memberikan kemudahan dalam berbagai hal termasuk menyejajarkan diri dengan kampus dunia.
    Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Marifah berharap upaya PTN BH Unand menemukan hasilnya.
    Kemudian bila sudah diraih,  porsi keterlibatan mahasiswa dalam pemerintahan kampus perlu ditambah.
    Dengan begitu kata dia,  kampus Unand jadi kampus yang menampung seluruh aspirasi civitas akademika.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com