• UMKM Jakarta Dorong Pedagang Peduli Kebersihan

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Kebersihan bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta untuk mendorong dan menertibkan pedagang agar peduli kebersihan.
    Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Ali Maulana Hakim, di Jakarta, Jumat, mengatakan kedua dinas juga saling membantu dalam melakukan operasi tangkap tangan pelanggar kebersihan di kawasan perdagangan.
    “Operasi tangkap tangan untuk pedagang kaki lima, kami juga melibatkan Dinas Koperasi UMKM, bukan hanya lurah, camat dan Satpol PP,” kata Ali pula.
    Dalam kerja sama itu, dia menuturkan, pihaknya akan lebih mudah memantau kebersihan di kawasan pedagang kaki lima yang merupakan  binaan Dinas UMKM.
    Terkait penindakan pelanggar kebersihan, Dinas Kebersihan berkoordinasi dengan Dinas UMKM untuk memberikan sanksi kepada pedagang yang membuang sampah sembarangan di kawasan binaan itu.
    Pedagang yang tidak menjaga kebersihan di lingkungannya, akan menghadapi risiko hingga pencabutan izin berjualan di kawasan itu.
    “Pedagang kaki lima itu ada beberapa lokasi binaan yang kalau mereka tidak menyiapkan tempat sampah, kalau dia membuang sampah, kalau ada sampah di sekitar mau dia yang buang atau pembeli, kami minta dicabut izinnya tidak usah berdagang di situ,” ujarnya lagi.
    Penindakan secara tegas diperlukan agar pedagang dapat bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan tempat mereka berdagang.
    Menurutnya, dengan tanggung jawab itu, para pedagang juga diharapkan mengajak pembeli untuk membuang sampah pada tempatnya saat membeli produk atau makanan yang dijual pedagang, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan.
    Menurutnya, meskipun sampah yang ada di sekitarnya berasal dari pembeli yang membuang sampah sembarangan, maka pedagang itu tetap akan diminta pertanggungjawabannya.
    “Itu sudah ada instruksinya sudah kami buat, dimulai tahun ini,” ujarnya lagi. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com