• Tersangka Kasus Bansos Sumsel Segera Ditahan

    0
    ikhwanudin

    ikhwanudin

    JAKARTA, jurnalsumatra.com – Kejaksaan Agung mempercepat pemberkasan dua tersangka kasus Dana Bansos dan Hibah Pemprov Sumsel sebesar Rp2,1 triliun, tahun 2013 agar bisa segera dilimpahkan ke pengadilan.

    Jpeg

    laonma Tobing

    Bahkan, tim penyidik mempertimbangkan menahan kedua tersangka, agar tidak mengulangi perbuatan, menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatan.

    Kedua tersangka, adalah mantan Kepala Kesbangpol Ikhwanuddin dan Kepala BPKAD Sumsel Laonma PL Tobing.

    “Sekarang, tim penyidik tengah mengevaluasi hasil pemeriksaan oleh tim, di Palembang, termasuk melengkapi pemberkasan dua tersangka,” kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah, di Kejaksaan Agung, Senin (22/8).

    Arminsyah berharap evaluasi segera selesai sehingga berkas dua tersangka dapat segera diajukan ke pengadilan.

    Dia menjelaskan tim penyidik diterjunkan ke Palembang juga untuk mencari data yang menjadi kebutuhan penyidikan untuk kedua tersangka.

    Ditanya tentang nasib Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Arminsyah enggan menjawab dengan alasan tim penyidik masih dalam tahapan evaluasi. “Tim masih fokus kepada pemberkasan dua tersangka dahulu,” ujarnya.

    Direktur Penyidikan pada Jampidsus Fadil Zumhana, yang ditemui saat akan berangkat ke Wina, Austria tentang seminar pembahasan korupsi menyatakan pihaknya akan bersikap tegas sesuai ketentuan, dalam penanganan kasus Bansos dan Hibah Sumsel, seperti kasus-kasus lainnya.

    Kasus berawal, Pemprov Sumsel menganggarkan dana untuk bantuan Hibah dan Bantuan Sosial dalam APBD sebesar Rp1.492.704.039.000. Lalu pada APBD Perubahan naik menjadi Rp2.118.889.843.100. Dengan rincian Dana Hibah Rp 2.118.289.843.100 dan Dana Bantuan Sosial Rp600.000.000.

    Dalam praktimya, ditemukan dugaan penyelewenangan mulai dari perencanaan, penyaluran, penggunaan, dan pertanggungjawabannya.

    Diduga negara dirugikan miliaran rupiah. Audit oleh BPKP tengah berlangsung untuk menghitung persis kerugian negara. (Sumber : Poskota)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com