• Tentara Jepang Beri Pelatihan Inafis POLDA NTB

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Tentara Jepang melalui Japan International Corporation Agency (JICA), Selasa, memberikan pelatihan kepada tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat.
    Pelatihan yang digelar di ruang Rupatama Mapolda NTB tersebut, disampaikan langsung oleh Sub Project Leader JICA Kolonel Takeuchi. Aparat penegak hukum asal Negeri Sakura ini memberikan sejumlah materi dan praktik seputar penanganan kasus.
    “Dalam kegiatan ini, anggota diberikan pengalaman tentang cara mengidentifikasi kasus-kasus dengan baik,” kata Direktur Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda NTB Kombes Pol Suryo Saputro di Mataram, Selasa.
    Disebutkan bahwa pelatihan tersebut akan diberikan hingga tiga hari ke depan. Dengan rentan waktu yang dijadwalkan, anggota diharapkan dapat menyerap seluruh materi agar di kemudian hari mampu mempraktikannnya dalam menjalankan tugasnya.
    Suryo mengakui, Jepang memiliki sumber daya manusia yang cukup handal di bidang penegakkan hukum, utamanya dalam menangani hingga mengungkap kasus pelanggaran pidana.
    “Kita mengakui polisi disana hebat-hebat dalam menangani sebuah kasus, jadi tidak ada salahnya jika kita belajar dari mereka, agar kualitas anggota dalam menyelidiki sebuah kasus dapat lebih baik lagi,” ujarnya.
    Kemudian mengapa dalam pelatihan ini Polda NTB lebih mengutamakan pelatihan bagi tim inafis, karena menurut Suryo, sebuah kasus dapat terungkap dengan benar berdasarkan hasil identifikasi di lapangan.
    “Dasar untuk mengungkap sebuah kasus itu berdasarkan hasil identifikasi. Kalau cacat, kasusnya akan sulit terungkap,” kata mantan Kabid Humas Polda NTB ini.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com