• Sumatera Selatan Dongkrak Konsumsi Ikan Masyarakat

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan mendongkrak konsumsi ikan masyarakat dengan menggencarkan gerakan makan ikan (Gemarikan) di setiap kabupaten/kota.
    Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan Galamda Israk di Palembang, Rabu, mengatakan, program nasional Gemarikan ini dilaksanakan dengan beragam kegiatan seperti lomba membuat kuliner bebahan ikan, sosialisasi mengenai manfaat ikan, dan lainnya.
    “Perlu ada suatu terobosan dan upaya serius dari pemerintah mengingat indeks konsumsi ikan di Sumsel sebesar 38 kilogram per kapita per tahun ini sudah stagnasi dalam beberapa tahun terakhir. Meski sudah melampaui angka rata-rata nasional, tapi persoalannya mengapa justru jadi stagnasi,” kata dia.
    Oleh karena

    itu, sejak tahun 2015, DKP Sumsel gencar mendorong masyarakat untuk lebih menyukai ikan.
    “Sosilisasi gemarikan ini cukup intens dilakukan DKP Sumsel, terutama kalangan ibu rumah tangga dan pendidik (guru). Sejauh ini respon sangat positif karena masyarakat semakin memahami bahwa ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan lebih menguntungkan karena harganya lebih murah dibandingkan daging,” kata Galamda.
    Meski fokus untuk meningkatkan konsumsi ikan tapi DKP Sumsel tidak mematok target muluk-muluk mengingat terjadi pelemahan dalam beli masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.
    Pada tahun ini hanya ditargetkan naik sedikit saja yakni 39 kilogram per kapita, sedangkan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah hingga 2018, hanya menargetkan 40 kg per kapita.
    “Dengan program yang terarah, DKP Sumsel optimistis bakal tercapai,” ujar dia.
    Sementara ini, konsumsi ikan yang mencapai 38 kg per kapita itu sudah berada di atas rata-rata nasional yakni angka 36 kg per kapita.
    Menurut Galamda, konsumsi ikan yang tinggi ini karena dipengaruhi budaya memakan ikan sudah lama terpelihara.
    “Penganan khas Palembang yakni pempek menggunakan bahan baku dari ikan, dan makanan ini sangat digemari masyarakat,” kata Galamda.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com