• Studi Kelayakan Zonasi Pertanian Kotawaringin Timur Dibatalkan

    0

    Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Studi kelayakan zonasi potensi pertanian di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dibatalkan sebagai imbas dipangkasnya anggaran daerah itu.
    “Studi kelayakan zonasi potensi pertanian adalah salah satu kegiatan yang terpaksa kami batalkan. Juga ada kegiatan yang lain. Bagaimana lagi? Dananya memang tidak memungkinkan,” kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kotawaringin Timur, I Made Dikantara di Sampit, Kamis.
    Studi kelayakan tersebut rencananya untuk memetakan potensi pertanian, khususnya klasifikasi jenis komoditas unggulan di tiap wilayah di kabupaten itu. Tujuannya untuk memudahkan pembuatan kebijakan dalam hal pembinaan dan bantuan untuk petani.
    Made mengatakan, instansi yang dipimpinnya tidak luput dari pemangkasan anggaran. Ada sekitar Rp9 miliar anggaran yang dipangkas sehingga pihaknya terpaksa membahas ulang rencana penggunaan anggaran.
    Ini imbas pemangkasan anggaran yang dialami Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Rasionalisasi anggaran membuat pemerintah pusat memangkas anggaran Kotawaringin Timur hingga lebih dari Rp210 miliar.
    Sejumlah kegiatan yang tidak mendesak, ditunda pelaksanaannya hingga tahun depan. Namun pihaknya berupaya sebisanya untuk tidak membatalkan penyaluran berbagai bantuan untuk masyarakat yang sudah diprogramkan.
    “Pemangkasan anggaran memang cukup berpengaruh. Tapi untuk bantuan, tidak ada yang dipangkas. Syukurnya juga bantuan kita ini banyak dari pusat sehingga tidak sampai mengurangi bantuan untuk masyarakat,” kata Made.
    Pemerintah daerah sangat serius mendorong peningkatan sektor pertanian. Selain untuk mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan, langkah ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani.
    Perbedaan kondisi geografis dan struktur tanah, membuat tiap wilayah memiliki potensi dan komoditas yang berbeda pula. Potensi ini perlu didukung agar tiap wilayah memiliki komoditas unggulan sehingga produksi pertanian di Kotawaringin Timur makin beragam.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com