• SMAN Sampit Gandeng Surya Institute Latih Guru

    0

          Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – SMAN 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menggandeng Surya Institute Jakarta untuk meningkatkan kualitas guru, khususnya dalam hal metode pembelajaran yang tepat.
    “Dulu tujuan pembelajaran adalah konten atau isi harus habis untuk mengejar kurikulum padahal kita harus menyesuaikan perkembangan zaman. Sekarang tujuannya untuk mencapai kompetensi siswa. Untuk itu harus menggunakan metode yang tepat,” kata Kepala SMAN 1 Sampit Muhammad Darma Setiawan di Sampit, Kamis.
    Kerja sama ini sudah dijajaki tahun lalu dan direalisasikan tahun ini. Surya Institute Jakarta dipilih karena kualitasnya memang sudah dikenal, bahkan sudah banyak melahirkan prestasi di tingkat internasional.
    Dua instruktur didatangkan untuk memberi pelatihan yang bertema merancang pembelajaran inkuiri 5E dengan benar dan tepat. Dengan alasan efektivitas, peserta kali ini dibatasi hanya 30 orang.
    “Materi pembelajaran yang kita gunakan di sekolah-sekolah selama ini model pembelajarannya umumnya tradisional. Itu harus kita akui. Saya sebagai guru mengakui kadang kesulitan menerapkan metode yang tepat untuk siswa,” kata Darma.

          Selama kegiatan tiga hari, para guru diisolasi agar fokus mengikuti kegiatan. Kegiatan dilaksanakan di hotel supaya peserta menyadari bahwa kegiatan ini benar-benar serius. Namun biaya yang dikeluarkan juga hampir sama jika dilaksanakan di sekolah.
    Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatan mutu pengajaran di sekolah untuk mendukung visi dan misi pendidikan di Kotawaringin Timur. Kegiatan ini rencananya berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan 56 guru yang mengajar di sekolah itu.
    Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Suparmadi sangat mendukung kegiatan itu. Dia berharap inisiatif yang dilakukan SMAN 1 Sampit juga dilakukan sekolah-sekolah lainnya.
    “Supaya maju, memang tidak bisa tinggal diam. Harus berupaya meningkatkan diri karena bisa saja yang menurut kita bagus tapi menurut takaran orang lain masih kurang,” kata Suparmadi usai membuka kegiatan itu.
    Suparmadi mendorong tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kualitas karena dampaknya sangat positif terhadap anak didik. Pihaknya menginginkan kualitas pendidikan terus meningkat sehingga akan tercipta generasi-generasi berkualitas.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com