• Sensus Ekonomi Usai

    0

    sensus ekonomiPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Sensus Ekonomi 2016 telah selesai dilakukan. Rencananya pada 16 Agustus mendatang hasil SE akan diumumkan presiden RI. Joko Widodo. Namun pemetaan dan potret hasil ekonomi Sumsel yang akan diumumkan pada Desember mendatang.

    Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statis, Yos Rudiasnyah, ketika ditemui dikantornya jumat (12/8). Menurutnya, pihaknya telah menyelesaikan SE sejak awal Agustus lalu. Dari hasil SE ada dua dokumen yakni dokumen I dan dokumen II. Dokumen I ini yang di serahkan kepada pusat untuk olah cepat.

    Rencananya, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan pada 16 Agustus mendatang pada pidato ke presidenan di Istana Negara.  Data yang diumumkan presiden itu hanya gambaran sekilas atau berupa jumlah kuantitatif usaha di Sumsel dan tidak menyebutkan rincian serta karakteristik usaha. “Dokumen I ini hanya gambaran atau data general kondisi ekonomi di Sumsel,” tegasnya.

    Dia juga mengatakan, dokumen II akan dilakukan analisa dan pengajikan secara detail. Mulai dari tenaga kerja di sektor apa yang banyak, jenis usaha dan banyaknya usaha di Sumsel. “Hasilnya akan diumumkan pada Desember mendatang.

    Data pada Desember ini nantinya akan menjadi gambaran dan potret perekonomian di Sumsel secara umum. Data ini pula nantinya yang akan menjadi pegangan atau bahan pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Kami akan menyerahkan juga kepada Gubernur, walikota dan sekda serta pihak terkait sebagai pertimbangan ,”paparnya.

    Lanjut Yos, pihaknya belum bisa memberikan informasi detail terkait SE. Yang jelas data SE mengalami peningkatakan dan lebih baik dibandingkan 2006 lalu.  Karena itu, kata dia, masih ada marjin eror (rasio kesalahan) namun tidak signifikan. “Ya, paling sekitar 1 persen margin erornya.

    Pengolahan data untuk dokumen pertama dilakukan BPS kabupaten kota. Sementara dokumen kedua dilakukan di kantor BPS Sumsel. Ada 120 tenaga yang bekerja secara shif. “kami harus segera merampungkan ini”jelasnya” (rn)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com