• Seluruh Calon Haji Kupang Dinyatakan Sehat

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Petugas Kesehatan Pelabuhan Bandara El Tari Kupang menyatakan 108 jamaah calon haji asal Kota Kupang yang terbang menuju embarkasi Surabaya pada Jumat (26/8) sehat dan layak menunaikan ibadah haji di tanah suci.
    “Hasil pemeriksaan administrasi pelabuhan untuk kesehatan 108 jamaah calon haji Kota Kupang yang akan naik ke pesawat tadi dinyatakan sehat. Mereka layak beribadah,” kata Petugas Kesehatan Pelabuhan dr Riosna Ernawati Sijabat kepada Antara di Bandara El Tari Kupang, Jumat.
    Dia mengatakan sesuai prosedur yang berlaku, setiap jamaah calon haji akan bisa diizinkan untuk ikut dalam rombongan penerbangan setelah petugas kesehatan pelabuhan meneliti berkas hasil pemeriksaan yang dimiliki oleh para jamaah calon haji tersebut.
    Dari pemeriksaan tersebut, Petugas Kesehatan Pelabuhan akan memberikan ‘leges’ atau semacam checklist atas dokumen kesehatan yang dimiliki masing-masing jamaah calon haji tersebut.
    Jika kemudian dalam pemeriksaan dokumen itu ternyata petugas kesehatan pelabuhan memandang yang bersangkutan sedang mengalami gangguan kesehatan, maka petugas bisa membatalkannya.
    “Kami punya hak untuk tidak mengizinkan yang bersangkutan terbang jika memiliki catatan medik yang buruk. Tetapi untuk kali ini semua 108 calon haji layak dan sehat untuk ikut berhaji,” kata Riosna.
    Menurut dia, meski hanya sebatas pemeriksaan dokumen, namun demikian peran Petugas kesehatan pelabuhan sangat besar dan bisa membatalkan para calon haji yang akan berangkat.
    Prosedur sama juga akan dilakukan saat hendak melakukan penerbangan ke tanah suci melalui embarkasi Surabaya nantinya.
    Petugas kesehatan pelabuhan akan memeriksa buku kesehatan para calon haji.
    Jika tidak terdapat hasil leges dari petugas kesehatan pelabuhan sebelumnya, maka akan mungkin dibatalkan keberangkatannya.
    “Karena itulah pemeriksaan kesehatan itu penting,” katanya.
    Sementara itu Komandan Petugas Keamanan Bandara El Tari Kupang Muhamad Taher mengatakan, 108 jamaah calon haji itu meski mendapatkan prioritas masuk ke bandara, tetapi tetap mengikuti prosedur pemeriksaan yang sesuai standar yang ada.
    “Tadi kita sudah periksa semuanya barang dan orangnya sesuai prosedur yang ada dan para haji layak terbang,” katanya.
    Terhadap pemeriksaan lainnya seperti pemeriksaan dokumen bea cukai seperti paspor dan lainnya, Muhamad mengatakan akan dilakukan di Bandara Juanda Surabaya, saat hendak terbang menuju tanah suci.
    “Kita periksa semua barang bawaan dan manusianya. Untuk dokumen imigrasi akan diperiksa di Surabaya,” katanya.
    Untuk musim haji 1437 Hijriah atau 2016, Kota Kupang mendapatkan kuota 159 orang dengan jumlah jamaah laki-laki 64 orang dan jamaah perempuan 95 orang.
    Para jamaah calon haji itu tersebar di empat kecamatan dari enam kecamatan yang ada, masing-masing Kecamatan Kelapa Lima 66 orang jamaah, Oebobo 53 orang, Alak 23 orang dan Kecamatan Maulafa berjumlah 17 orang.
    Sementara yang melakukan penerbangan berjumlah 108 calon haji di mana sisa 48 calon haji sudah berada di Surabaya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com