• Seleksi Calon Sekda Kota Palembang Berlangsung Tertutup

    0

    Peserta Paparan Seleksi Calon Sekda Kota Palembang (3)Palembang, jurnalsumatra.com – Kompetensi Empat dari Enam Calon Sekda yang lulus tahap Administrasi, mengikuti ujian berlangsung tertutup di VIP Room hotel The Arista, Palembang, Senin (15/08).

    Peserta pertama yang melakukan paparan dihadapan tim seleksi Ana Heryana, Staf Ahli Walikota, Bidang Sosial Masyarakat, dan dilanjut Kurniawan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang juga menjabat Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang, kemudian Harobin sendiri saat ini menduduki jabatan Asisten Walikota Bidang Pemerintahan dan dilanjut terakhir Isnaeni adalah kepala Dinas tenaga Kerja kota Palembang.

    Dua nama terakhir  Faisal AR kepala Dinas Sosial  dan Soedirman Teguh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan mendapat giliran melakukan paparan esok harinya, dengan para penguji yang terdiri dari jajaran Pejabat Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Akademisi. Sulaiman Mukti (Sekda Provinsi Sumsel) sebagai ketua Pansel, Muzakir Kepala BKD yang menjadi Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel).

    Sementara anggota disisi para akademisi seperti Profesor Ir. H Zainuddin Nawawi Wakil Rektor 1 bidang Akademik, Dr. Pebrian SH. MS Dekan Fakultas Hukum Unsri. Dan terakhir Dr. Darmowijoyo MSi, MSc Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unsri, Ahli IT.

    Ana Heryana peserta pertama yang melakukan paparan selama 10 menit, seputar tugas pokok dan fungsi  (Tufoksi) Sekda. Doktor ilmu Teknis Sipil ini menjelaskan dirinya ditanya seputar paparan yang disampaikan, tugas pokok dan fungsi sekda.

    “Mereka tau kita dari teknik, kelemahan kita bidang administrasi, tapi sekda tidak hanya admistrasi namun seluruh aspek dikota Palembang. Pertanyaan pansel  sesuai dengan makalah yg kita buat. Tadi saya memaparkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sekda,” jelas Asiten Walikota bidang Sosial Masyarakat ini.

    Selanjutnya peserta ke tiga Harobin Mustafa usai menjalani sesi wawancara menyampaikan kepada awak media jika Prsentasi yang  sampaikan mengenai Rencana Strategis Visi dan Misi Calon Sekda.

    Menurutnya, pertanyaan banyak mengenai peraturan perundangan atau dasar hukum tugas dan wewenang sekda secara mandiri, pertanyaan dan jawaban yang disampaikan menurut Harobin Mustafa adalah hal keseharian yang dia alami selama menjalankan tugas sebagai aparatus sipil negara.

    Dikatakan Harobin sesuai UU 23 tahun 2014. Sekda sebagai pembantu KA daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan lembaga teknis lainnya. Sekda juga selain tugas administrasi juga sebagai fungsi managerial.

    Menurutnya, sekda sebaiknya dipilih dari orang yang berpengalaman baik tugas SKPD, Pendidikan dan Kepelatihan serta Golongan yang cukup.

    Hal yang sama juga disampaikan Isnaeni Kepala dinas Tenaga kerja Kota Palembang. Pertanyaan macam macam namun masih seputar tupoksi Sekda, dikatakan Isnaeni juga  menyampai pertanyaan yang agak menyulitkan ketika dirinya ditanya seputar pasal-pasal perundangan dan aturan pemerintahan.

    “Karena waktunya singkat, saya tidak begitu hafal mengenai pasal pasal perundang undangan. Kita baru mau cari referensi sudah mereka jawab. Tapi secara keselurahan semua baik. Mohon doanya,” pungkas Isnaeni. (edchan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com