• Sekolah Sehari Penuh Jangan Melanggar Hak Anak

    0

         Mataram, jurnalsumatra.com – Lembaga Perlindungan Anak Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyatakaan wacana penerapan sekolah sehari penuh (full day school) jangan sampai melanggar hak-hak anak.
    Sekretaris Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram Mahsan di Mataram, Jumat, menyebutkan, hak-hak anak yang dimaksudkan antara lain hak bermain, dan berinteraksi dengan lingkungannya.
    “Proses belajar mengajar tidak hanya di jalur formal, tetapi belajar nonformal dengan bermain dan berinteraksi di lingkungan disekitarnya juga termasuk belajar,” katanya.
    Dikatakan, belajar dalam keluarga dan di tengah masyarakat juga sangat penting, sehingga anak-anak tidak hanya ditekan untuk mengejar nilai akademik semata.
    “Jangan sampai kita hanya menekan anak mengejar nilai akademik sementara proses di keluarga terlupakan,” katanya lagi.

         Dia menilai, jika anak dibebankan terus menerus dengan pelajaran dikhawatirkan kondisi fisiknya tidak mendukung.
    “Kasihan anak-anak, bahkan mereka bisa stres dan tidak bisa menikmati masa kanak-kanaknya,” ujarnya.
    Terkait dengan itu, Mahsan berharap agar wacana sekolah sehari penuh itu dikaji lebih mendalam dan proses sosialisasi di masyarakat juga sangat penting.
    Karena itu, sebelum wacana itu ditetapkan menjadi kebijakan masyarakat juga harus terlibat aktif dalam memberikan masukan kepada pemerintah.
    “Jika kebijakan itu dinilai tidak pas, masyarakat bisa menolak begitu juga sebaliknya,” katanya.
    Ditanya setuju atau tidak setuju terhadap penerapan sekolah sehari penuh itu, Mahsan tidak dapat memilih salah satu diantarnya karena setuju atau tidak sangat tergantung dari respon masyarakat.
    Namun, sambung Mahsan, selama kebijakan itu tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip hak anak, LPA tentu akan mendukung.
    “Tapi jika itu bertentangan, LPA juga akan meminta pemerintah untuk melakukan kajian ulang,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com