• PJR Jakarta-Cikampek Sodorkan Solusi Atasi Sopir “Nakal”

    0

    Bekasi, jurnalsumatra.com – Petugas Jalan Raya (PJR) Tol Jakarta-Cikampek menawarkan sejumlah solusi guna mengantisipasi pelanggaran dari sopir “nakal” angkutan umum yang menaikturunkan penumpang di bahu tol.
    “Kami telah berulang kali menilang sopir bus yang nakal karena nekat menurunkan dan menaikan menumpang di bahu tol. Namun sanksi tersebut kurang memberikan efek jera,” kata Kepala , AKP Ahmad Jazuli di Bekasi, Senin.
    Pihaknya mendorong pemanfaatan kamera pengintai (CCTV) di sepanjang lintasan tol untuk mengawasi pelanggaran pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.
    “Sebaiknya pengelola memasang kamera pengintai (CCTV) di sejumlah titik yang rawan digunakan untuk menurunkan dan menaikan penumpang,” katanya.
    Rekaman itu, kata dia, bisa diberikan ke perusahan otobus (PO), sehingga perusahaan bus bisa mengetahui perbuatan pegawainya.
    Sebagai pengelola tol, kata Jazuli, sudah seharusnya PT Jasa Marga menyosialisasikan bahaya menurunkan atau menaikan penumpang di tol ke masyarakat sekitar.
    Bila perlu, kata dia, pengelola tol turut menggandeng petugas kepolisian setempat atau warga sekitar agar menghalau calon penumpang bila nekat masuk tol untuk menunggu bus.
    “Imbauan berupa tulisan dari Jasa Marga memang sudah ada, tapi kurang melibatkan masyarakat setempat,” ujarnya.
    Jazuli mengatakan, sopir yang nekat berhenti di bahu jalan dikarena desakan para penumpang yang membutuhkan akses mudah naik kendaraan umum.
    “Mereka tidak takut ditilang, karena pandangan mereka (sopir) yang penting dapat uang setelah menurunkan penumpang,” katanya.
    Jazuli memengaku siap bila anggotanya dilibatkan dalam kegiatan operasi penilangan para sopir ‘nakal’ di dalam tol.
    Jazuli menganggap persoalan tersebut bisa diselesaikan dengan mudah bila saling bersinergi.
    “Kapan pun anggota kami siap bila Jasa Marga ingin melakukan operasi sopir yang nakal di tol,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com