• Pesisir Selatan Surati Distributor Pupuk Terkait Harga

    0

    Painan, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), telah menyurati distributor pupuk terkait mahalnya harga pupuk subsidi di daerah itu.
    “Masing -masing distributor pupuk telah kami surati untuk menjelaskan faktor penyebab tidak sesuainya harga pupuk subsidi dengan harga eceran tertinggi (HET) yang diatur pemerintah,” kata sekretaris daerah setempat, Erizon di Painan, Senin.
    Ia menambahkan setelah adanya surat balasan dari masing-masing distributor pihaknya akan segera menindaklanjutinya.
    “Akan secepatnya kami tindak lanjuti karena program pupuk subsidi menyangkut hajat hidup orang banyak,” kata dia.
    Sebelumnya sejumlah petani di kabupaten itu mengeluhkan harga pupuk subsidi yang tidak sesuai dengan harga HET.
    “Kami membeli pupuk urea subsidi isi 50 kilogram Rp115 ribu per karungnya, padahal bila mengacu pada HET maka kami cukup membayar Rp90 ribu,” ujar seorang petani kecamatan sutera, Zulkifli.
    Maka dari itu ia meminta pemerintah untuk bertindak cepat agar program yang diarahkan untuk membantu petani benar-benar mereka rasakan.
    Hal senada diungkap petani lainnya, Idul (34) yang mengatakan harga pupuk subsidi yang tidak sesuai dengan HET sudah dirasakan sejak beberapa tahun terakhir.
    “Kami hanya bisa mendengar namun tidak bisa menikmati pupuk subsidi yang digadang-gadang pemerintah akan meringankan beban petani,” tegasnya.
    Di bagian lain, anggota Komisi II, DPRD Pesisir Selatan, Ikal Jonedi mendesak pemerintah kabupaten setempat untuk segera mencari jalan keluar terkait permasalahan ini.
    “Minimal pemkab menyurati distributor dan menanyakan perihal harga apakah kelebihan harga karena biaya operasional atau ada alasan lain,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com