• Pesawat Haji Embarkasi Padang Tiba DI BIM

    0

        Padang, jurnalsumatra.com – Pesawat pengangkut calon jamaah haji  kloter pertama Embarkasi Padang, Sumatera Barat (Sumbar) telah berada di Bandara Internasional Minangkabau di Padangpariaman pada Senin pagi   menunggu jadwal keberangkatan pada Selasa.
    General Manajer Garuda Indonesia cabang Padang, Ryanto A Winarso  di Padang, Senin mengatakan pesawat dengan tipe  Boeing 747-400 dengan kapasitas penumpang sebanyak 455 orang akan langsung bertolak menuju Madinah pada Selasa pukul 06.25 WIB.
    Selama dalam perjalanan yang memakan waktu lebih kurang sembilan jam, jamaah akan dilayani kru lokal, dan tiga orang di antaranya merupakan putra daerah bertujuan agar komunikasi antarjamaah dan pramugari berjalan baik, sehingga bisa melayani kebutuhan dan memberikan kenyamanan kepada calon jamaah haji saat penerbangan, kata dia
    Ia memastikan pada tahun ini Garuda tidak mencarter pesawat dan menggunakan armada sendiri guna melayani keberangkatan jamaah.
    Untuk jadwal penerbangan dipastikan tidak akan mengganggu jadwal reguler karena sudah ada tim yang melakukan antisipasi, lanjut dia.
    Sementara untuk bagasi akan diangkut empat jam sebelum lepas landas dan pemeriksaan dokumen dilakukan di Asrama Haji Tabing Padang, lanjut dia.
    Ia mengingatkan kepada calon haji agar tidak mengangkut barang berlebihan menghindari kelebihan bagasi.
    Untuk koper besar maksimal 32 kilogram dan koper kecil yang dibawa ke pesawat maksimal tujuh kilogram, ujar dia.

        Sebelumnya Kementerian Agama wilayah Sumbar mengingatkan para calon jamaah haji agar mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang saat ini terjadi di Tanah Suci dengan mempersiapkan diri secara fisik.
    “Saat ini suhu udara di Arab Saudi cukup panas dapat mencapai di atas 40 derajat selsius, calon haji harus benar-benar mempersiapkan fisiknya,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sumbar, Syamsuir.
    Menurut dia mengantisipasi cuaca cukup ekstrem sejak memasuki asrama haji akan dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih intensif terhadap jamaah untuk memastikan benar-benar siap berangkat secara fisik.
    Ia menyampaikan calon haji kloter pertama dijadwalkan masuk Asrama Haji Tabing Padang  8 Agustus 2016 untuk diberangkatkan pada 9 Agustus 2016.
    “Tiba di asrama haji akan dilakukan pemeriksaan dokumen serta cek kesehatan oleh petugas untuk memastikan jamaah dalam kondisi sehat dan layak untuk berangkat,” katanya.
    Menurut dia setelah dilakukan pemeriksaan dan tes kesehatan dijadwalkan akan dilakukan pelepasan secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat.
    Sementara salah seorang calon haji asal Padang Syafrudin berharap pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancar.
    “Tahun lalu sempat ada insiden robohnya crane di Mekkah, semoga tahun ini tidak ada kendala,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com