• Perusahaan Diperintahkan Mendirikan Posko Pencegahan Karhutla

    0

        Palembang, jurnalsumatra.com  – Perusahaan perkebunan yang beroperasi di Sumatera Selatan diperintahkan mendirikan posko 24 jam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di lokasi kebun.
    Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan Iriansyah di Palembang, Jumat, mengatakan perintah ini berdasarkan surat edaran yang sudah dilayangkan Gubernur Sumsel pada awal Agustus 2016 ke seluruh perusahaan perkebunan.
    “Pemberitahuan sudah dilakukan dan pemerintah provinsi berharap segera direalisasikan karena pada pekan ini akan ada pemantauan ke lokasi kebun,” kata Iriansyah.
    Ia mengatakan keberadaan posko 24 jam ini sangat penting untuk mendeteksi dini karhutla.
    Selama ini, perusahaan hanya mendirikan posko berdekatan dengan kantor. Namun, dengan didirikan di kebun maka akan terpantau dengan cepat jika terjadi titik api.

        “Kebakaran ini tidak kenal siang atau malam, jadi perusahaan harus waspada agar bencana kabut asap seperti tahun lalu tidak terjadi lagi,” kata dia.
    Selain memerintahkan perusahaan untuk aktif dalam upaya pencegahan karhutla, Pemprov Sumsel juga mendirikan 118 desa peduli api di desa yang rawan terbakar bekerja sama dengan perusahaan.
    Desa Peduli Api ini bukan hanya menjadi model percontohan pembukaan lahan tanpa bakar tapi juga contoh sinergi antara perusahaan dan masyarakat dalam menggerakkan perekonomian rakyat.
    “Jika ekonomi bergerak, maka rakya tidak mudah diprovokasi untuk membakar lahan,” kata Iriansyah.
    Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menerbitkan status siaga darurat bencana asap sejak Maret 2016 untuk lebih dini dalam upaya pencegahan karhutla.
    Pencegahan karhutla menjadi perhatian Sumsel karena pada 2015 menjadi perhatian dunia karena terbakarnya 736.563 hektare lahan yang berujung pada bencana kabut asap.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com