• Perusahaan Di Kotawaringin Timur Wajib Selenggarakan Pendidikan

    0

    Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diminta mengoptimalkan peran perusahaan besar swasta dalam membantu penyelenggaraan pendidikan di daerah itu.
    “Perusahaan besar swasta wajib menyelenggarakan pendidikan, baik sesuai bidang mereka maupun sesuai aspirasi masyarakat desa setempat,” kata anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Otjim Supriatna di Sampit, Kamis.
    Perusahaan memiliki kewajiban dan tanggung jawab sosial untuk membantu masyarakat sosial. Selain bantuan infrastruktur fisik, perusahaan diharapkan membantu peningkatan sumber daya manusia melalui dukungan pada sekolah maupun dengan memberi pelatihan keterampilan kepada warga.
    Politikus Partai Golkar yang pernah menjadi Kepala Dinas Kehutanan Kotawaringin Timur itu mendukung jika perusahaan membantu warga untuk menimba ilmu sesuai dengan bidang-bidang yang dibutuhkan perusahaan. Selanjutnya setelah lulus, mereka langsung direkrut sebagai karyawan perusahaan tersebut.
    “Dinas Pendidikan harus mengajak dunia usaha turut membantu. Jangan hanya bergantung pada APBD. Tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga kesehatan,” saran Otjim.
    Begitu pula terkait kekurangan guru di desa-desa pelosok, Otjim meminta perusahaan membantu mengatasinya. Caranya yakni dengan merekrut dan menggaji guru untuk ditempatkan di sekolah yang mereka bangun di lingkungan perusahaan maupun diperbantukan di sekolah-sekolah di desa-desa sekitar areal perusahaan.
    “Dengan cara ini, harapan saya masalah kekurangan guru itu bisa teratasi dalam dua atau tiga tahun ini. Kita utamakan putra daerah tapi tetap sesuai syarat dan standar yang ditentukan, termasuk juga dalam pemenuhan tenaga medis,” sambungnya.
    Otjim mendorong Dinas Pendidikan lebih proaktif mencari terobosan-terobosan mengatasi masalah yang dihadapi tanpa harus selalu mengandalkan dana daerah yang memang terbatas. Dengan komunikasi yang baik, Otjim yakin perusahaan besar swasta pun akan dengan sukarela membantu pemerintah daerah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com