• Pertamina Tambah Armada Layani Pesawat Haji

    0

    avtur pertaminaPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Untuk menjaga suplai bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Avtur, PT Pertamina MOR II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mendatangkan kendaraan angkutan pengisi bahan bakar (refueler) tambahan dari Provinsi Jambi.

    Hal ini dilakukan karena meningkatnya kebutuhan bahan bakar Avtur untuk pesawat penerbangan angkutan haji di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan.

    Dijelaskan, kendaraan angkut refuelertersebut dipersiapkan untuk menambah dan menjaga stok bahan bakar agar tidak terjadi keterlambatan saat pesawat angkutan haji jenis boeing 747 mengisi bahan bakar di bandara SMB II.

    Manager PT Pertamina MOR II Sumbagsel Herman M Zaini mengungkapkan, tidak boleh ada keterlambatan pada saat pesawat haji dari Arab Saudi mengisi BBM jenis avtur. Oleh karenanya, pihak Pertamina menambah kendaraan yang didatangkan dari Jambi.

    “Di Jambi saat ini tidak ada embarkasi haji dan hanya melayani penerbangan pesawat reguler. Maka untuk sementara, kendaraan mereka kita alihkan dulu ke Palembang,” ungkapnya di Palembang, Kamis (11/8/2016).

    Dijelaskannya, satu pesawat jenis boeing 747 membutuhkan bahan bakar avtur sekitar 75 kiloliter (KL) sehingga perlurefueler yang memiliki kapasitas banyak agar tidak terjadi jeda waktu, mengingat waktu pengisian bahan bakar hanya satu jam per pesawat. “Kalau kita siapkan kendaraan yang cukup, maka tidak terjadi jeda waktu yang lama saat isi bahan bakarnya,” jelasnya.

    Seperti diketahui, untuk hari-hari biasa kebutuhan BBM jenis avtur  reguler berkisar 100 KL perhari untuk 40 kali:  penerbangan. Sedangkan jika ditambah dengan penerbangan saat musim haji seperti saat ini, ada peningkatan kebutuhan avtur hingga 200 KL perhari”urainya. (RN)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com