• Pengamat Pertanian : Transformasi Pertanian Ke Arah Modern

    0

        Denpasar, jurnalsumatra.com -  Pengamat masalah pertanian Dr Gede Sedana menilai upaya mentransformasikan pertanian tradisional ke arah pertanian modern tidak semata-mata melalui perubahan struktur ekonomi pertanian.
    “Upaya transformasi perubahan struktur dan pola perilaku sosial masyarakat pedesaan dapat dilakukan melalui pemberdayaan kelembagaan oleh masyarakat lokal sehingga dapat mengatasi kesenjangan,” kata  Dr Gede Sedana yang juga Dekan Fakultas Pertanian Universitas Dwijendera Denpasar, Kamis.

         Ia mengatakan, pembangunan pertanian yang digarap secara sungguh-sungguh akan mampu menyeimbangkan dengan pembangunan pedesaan, sekaligus menekan kesenjangan antar golongan masyarakat.
    Melalui pemberdayaan diharapkan dapat mengembangkan lembaga untuk mengadopsi teknologi dan berorientasi pasar  serta  bermanfaat sebagai wadah dalam menampung dan mengembangkan  petani di  pedesaan.
    Gede Sedana menambahkan, penguatan kelembagaan kelompok tani merupakan kunci kesejahteraan  petani. Penguatan kapasitas kelembagaan lokal seperti subak memerlukan adanya  perumusan kebijakan pertanian untuk mendukung pengelolaan sistem subak berorientasi  agribisnis yang berkelanjutan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com