• Pengamat: Perlu Evaluasi Kinerja Pejabat Eselon Satu

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Pengamat Politik dan Sosial Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Prof Damsar menilai kinerja pejabat eselon satu di kementerian perlu dievaluasi secara periodik guna membantu kinerja menteri dalam menjalankan tugasnya.
    “Evaluasi kinerja pejabat eselon satu di kementerian secara periodik harus dilakukan minimal dua tahun sekali,” katanya di Padang, Selasa.
    Setelah dilakukan evaluasi, katanya menambahkan apabila ada pejabat eselon satu yang tidak memiliki kapasitas untuk mendukung kerja menteri harus diberhentikan.
    Ia menilai ketidakberhasilan menteri dalam menjalankan tugas dan amanah dari Presiden dikarenakan oleh dukungan birokrasi yang lemah sehingga tidak mampu menerjemahkan kebijakan dari Presiden melalui menteri.

         Ia menambahkan dengan adanya evaluasi tersebut maka akan ada kemungkinan dibuka pergantian pejabat guna memaksimalkan kinerja dari birokrasi.
    Menurutnya bisa saja pejabat yang ada di kementerian saat sekarang merupakan warisan dari pejabat lama.
    Selain itu, mereka mulai dipandang cakap tapi sebenarnya tidak cakap dalam membantu menteri.
    Ia berharap dengan adanya proses evaluasi terhadap pejabat eselon satu itu bisa memperlihatkan kinerjanya untuk menyukseskan dalam membantu tugas menteri ke depan.
    Sementara itu alumni Unand, Fauzan mengatakan evaluasi terhadap eselon satu perlu dilakukan apabila kinerjanya sudah tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pimpinan.
    “Ini akan membantu untuk mencapai visi dan misi di setiap kementerian yang ada,” lanjutnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com