• Pengamat: Jalin Kerja Sama Guru-Orangtua Murid

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Pengamat pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, Prof. Dr. Agusti Efi menyampaikan bahwa kerja sama antara guru dan orangtua murid diperlukan sebagai proses untuk memberikan pendidikan kepada anak.
    “Ini penting agar dapat mengantisipasi kesalahpahaman antara guru dan orangtua murid nantinya,” katanya di Padang, Jumat.
    Komunikasi dua arah antara guru dan orang tua murid harus selalu dibentuk dan dijaga karena komunikasi dapat dijadikan sebagai media dalam mendiskusikan perkembangan dari pendidikan yang telah diberikan oleh guru dan orangtua kepada anak, ujarnya.
    Ia menjelaskan ketika diskusi telah dilakukan maka guru dan orangtua dapat mengetahui bagaimana karakter anak ketika di sekolah dan di rumah sehingga nantinya mereka bisa bersama-sama mengarahkan anak pada karakter yang diinginkan.

         “Hal ini yang masih kurang sehingga pada saat sekarang ini masih sering terjadi kesalahpahaman antara guru dan orang tua murid,” tambah dia.
    Selanjutnya, ia mengingatkan agar guru tidak hanya fokus untuk mengajar mata pelajaran saja tetapi juga bisa mendidik moral murid, menjadi sosok yang bisa diteladani oleh murid, serta bisa menanamkan pendidikan karakter kepada murid.
    “Untuk mewujudkan hal tersebut maka pendekatan guru kepada murid juga perlu dilakukan,” ujar dia.
    Ia menjelaskan upaya ini bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari terjadinya kekerasan guru kepada murid di sekolah serta menghindari tidak senangannya orang tua murid dengan sikap guru kepada anaknya.
    Ia mengharapkan agar orangtua tidak sepenuhnya menyalahkan guru saat memberi hukuman kepada anak atas kesalahan yang telah dilakukannya selagi masih dibatas kewajaran.
    Menurut dia usaha guru dalam memberikan pendidikan di sekolah kepada anak akan sia-sia ketika tidak diimbangi dengan pendidikan yang dilakukan oleh orang tua di rumah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com