• Pengamat Dukung Langkah Presiden Berhentikan Menteri ESDM

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Pengamat hukum tata negara dari Universitas Nusa Cendana Johanes Tuba Helan mendukung langkah Presiden Joko Widodo memberhentikan Archandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), karena status kewarganegaraan.
    “Keputusan presiden itu sudah tepat, dan patut didukung oleh semua pihak,” kata Johanes Tuba Helan kepada Antara di Kupang, Selasa, terkait pemberhentikan Menteri ESDM.
    Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Archandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
    Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kantor Presiden Jakarta, Senin (15/8) malam, mengumumkan hal itu dalam jumpa pers yang diumumkan secara mendadak pada Senin sore.
    “Menyikapi pertanyaan publik terkait kewarganegaraan Menteri ESDM, Saudara Archandra Tahar sebagai Menteri ESDM. Setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memberhentikan secara hormat Archandra dari Menteri ESDM,” kata Pratikno.
    Untuk kepentingan itu, Presiden kemudian menunjuk Luhut Binsar Panjaitan sebagai pelaksana tugas Menteri ESDM sampai diangkat Menteri ESDM definitif.
    Pratikno menambahkan bahwa pemberhentian tersebut mulai berlaku efektif hari Selasa atau 16 Agustus 2016.
    Archandra Tahar dalam beberapa waktu terakhir diterpa kabar memiliki kewarganegaraan ganda yakni Amerika Serikat dan Indonesia.
    Status kewarganegaraan itulah yang mengundang polemik bahkan beberapa fraksi di DPR langsung memintanya untuk mundur dari jabatannya sejak pekan lalu.
    Johanes yang juga mantan Kepala Ombudsman Perwakilan NTT-NTB itu, menambahkan masalah kewarganegaraan adalah hal yang sangat mendasar.
    Seorang yang ingin menjabat sebagai kepala desa saja, harus benar-benar adalah warga negara Indonesia, apalagi jabatan seorang menteri.
    “Orang tidak mencintai Indonesia sehingga memilih menjadi warga negara Amerika Serikat, kenapa mau jadi menteri lagi di Indonesia?” kata Johanes Tubahelan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com