• Penerbitan Akta Kelahiran Lampaui Target Nasional

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram H Ridwan menyebutkan, penerbitan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun  di kota itu sudah melampaui target nasional.
    “Capaian penerbitan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun hingga 28 Juni 2016 sebesar 89,84 persen, sementara target nasional tahun 2019 hanya  85 persen,” katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis.
    Ia mengatakan, target nasional sebesar 85 persen itu adalah target tahun 2019, sementara Kota Mataram telah berhasil melampaui target tahun 2019 itu pada 2016.
    Keberhasilan ini, katanya, merupakan salah satu hasil kerja keras dan kerja sama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) bersama beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.
    “SKPD yang kami diajak bekerja sama dalam penerbitan akta kelahiran itu antara lain Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora),” sebutnya.
    Dinas Kesehatan, katanya, melalui program di Puskesmas dengan mendata ibu hamil agar mengumpulkan berbagai persyaratan untuk membuat akta kelahiran melalui masing-masing puskesmas.
    Selanjutnya, setelah ibu melahirkan maka ibu tinggal menyerahkan nama anaknya sebagai dasar penerbitan akta kelahirannya secara gratis.
    “Sementara Dikpora, melakukan pendataan terhadap anak yang belum memiliki akta kelahiran untuk diminta datanya dan diterbitkan akta kelahirannya secara gratis pula,” ujarnya.
    Di samping itu, lanjut Ridwan, keberhasilan itu capian penerbitan akta kelahiran itu dipengaruhi juga karena tingginya sosialisasi dan pelayanan pembuatan akta kelahiran gratis.
    “Kita akui, masih ada anak dan warga Mataram yang belum memiliki akta kelahiran namun jumlahnya relatif kecil, inilah yang sedang kami data juga,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com