• Pemprov Kepri Mulai Bagikan DBH

    0

        Batam, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mulai membagikan dana bagi hasil dari pajak kendaraan bermotor dan pajak rokok ke pemerintah kabupaten dan kota yang sempat tertunda sejak awal tahun.
    “DBH mulai disalurkan, nilainya sesuai dengan kriteria yang diterima daerah masing-masing,” kata Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun di Batam, Kepri, Selasa.
    Pembayaran DBH ke tiap kabupaten kota dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.
    Namun, Gubernur memastikan DBH akan dibayarkan seluruhnya pada tahun ini juga. “Dibayarkan bertahap, tapi kami selesaikan tahun ini,” kata Gubernur.
    Ia meminta kabupaten kota memaklumi penundaan pembayaran DBH, karena banyaknya persoalan yang harus diselesaikan Pemprov.

        “Terus terang, harap maklumi karena transisi 2015 beberapa gubernur, saya menyelesaikan persoalan,” kata mantan Bupati Karimun itu.
    Sementara itu, ia menyatakan sampai saat ini Pemprov juga masih menunggu penyaluran DBH Minyak dan Gas Bumi dari pemerintah pusat.
    “Yang dari pusat, sudah ada statemen. Kita bersyukur saja, insya Allah, masyarakat yang sabar, jika tidak mengedepankan sifat yang membuat murka Allah, nanti ada perbaikan,” katanya.
    Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan mengingatkan agar Pemprov Kepri menyalurkan hak DBH dari Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Rokok pemerintah kabupaten dan kota di bawahnya.
    BPK mencatat dana DBH yang belum disalurkan Pemprov Kepri ke tujuh kabupaten kota mencapai Rp700 miliar.
    Kepala BPK RI Harry Azhar Azis mengatakan, BPK belum menjadikan masalah itu sebagai temuan dalam audit BPK tahun ini, karena Pemprov Kepri mengakui dana belum disalurkan. Namun, BPK berharap dana segera disalurkan karena itu adalah hak pemda.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com