• Pemkot: Belum Ditemukan Titik Api Di Pontianak

    0

        Pontianak, jurnalsumatra.com  – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyatakan hingga saat ini belum ditemukan titik api di wilayah Kota setempat, sehingga asap yang ada saat ini, besar kemungkinan kiriman dari daerah sekitarnya.
    “Mudah-mudahan tahun ini, tidak ada lagi titik api, seperti tahun-tahun sebelumnya meskipun jumlahnya memang sedikit,” kata Sutarmidji di Pontianak, Jumat.
    Ia mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap tidak melakukan pembakaran, baik itu membakar sampah maupun lahan, sehingga bisa menambah asap yang kini sudah mulai ada, meskipun belum sampai menggangu.
    “Sumber air di parit-parit saat ini memang terkesan cepat kering, apakah keringnya itu karena saluran air semakin lancar karena penurapan atau lainnya, sehingga ada beberapa kawasan jadi mudah terbakar di musim kemarau,” ungkapnya.
    Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Supadio Pontianak, Septika menyatakan, peluang terjadinya hujan di Kalbar hingga satu pekan ke depan masih ada, namun dengan intensitas ringan hingga sedang.

        “Untuk intensitas sedang akan terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Sekadau dan Melawi. Sedangkan untuk wilayah Kalbar lainnya akan terjadi hujan dengan intensitas ringan,” ujarnya.
    Untuk titik api, menurut dia, sampai Kamis (11/8) mengalami penurunan, dimana dari pantauan satelit Modis, tidak ada mendeteksi titik api. Namun, dari pantauan satelit NOAA, ada terpantau 56 titik api yang tersebar di beberapa wilayah Kalbar.
    Adapun sebaran titik api tersebut diantaranya Kapuas Hulu satu titik api, Bengkayang satu titik api, Ketapang empat titik api, Landak tujuh titik api, Melawi sembilan, Sanggau 17 titik api, dan Sintang delapan titik api.
    Septika mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena beberapa hari terakhir seperti yang dirasakan, asap tebal mulai menyelimuti Kalbar. Jadi kalau masyarakat masih membakar lahan, tentu mengakibatkan asap semakin tebal dan ini akan merugikan semua pihak.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com