• PEMKAB Tangerang Verifikasi Perbaikan 1.500 Rumah Kumuh

    0

    Tangerang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Tangerang Provinsi Banten melakukan verifikasi perbaikan sebanyak 1.500 unit rumah kumuh agar rampung dikerjakan hingga Desember 2016.
    “Petugas di lapangan sedang mendata kembali, dan rumah yang diperbaiki tersebar pada 15 kecamatan,” kata Kepala Sub-Bidang Perumahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Tangerang Erwin Mawandy, di Tangerang, Jumat.
    Erwin mengatakan data sementara sebanyak 1.500 unit rumah masih menunggu perbaikan draf peraturan bupati (perbup) hingga akhir Agustus 2016 sebagai dasar dari rehabilitasi rumah itu.
    Namun perbaikan rumah kumuh tersebut merupakan salah satu dari 25 program unggulan Pemkab Tangerang tahun 2013-2018 yang prorakyat.
    Bahkan penanganan kampung kumuh sesuai Perda No.5 Tahun 2013 tentang Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) setempat.
    Program itu merupakan Gerakan Bersama Rakyat Berantas Perumahan Kumuh dan Miskin (Gebrak Pakumis) dengan melibatkan warga sekitar.
    Sedangkan dana yang dianggarkan untuk perbaikan tersebut sebesar Rp15 miliar, diperuntukkan sebanyak 7.500 hingga 10.000 unit yang berasal dari APBD.
    Kucuran dana untuk perbaikan tiap rumah sekitar Rp13 juta, sehingga peran serta dan partisipasi warga sangat diperlukan untuk mendukung program tersebut, katanya lagi.
    Warga sekitar diharapkan dapat bergotong-royong membantu tetangga dalam perbaikan rumah itu, di antaranya dengan tenaga, pendanaan maupun bantuan bahan material karena anggaran tersedia jumlahnya terbatas untuk tiap unit.
    Pemkab Tangerang menargetkan hingga akhir tahun 2018 penanganan kampung kumuh perkotaan yang tersebar pada 29 kecamatan tuntas.
    Sementara itu, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat juga meluncurkan program serupa, yakni Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman (PK2P) dan telah bersinergi dengan Pemkab Tangerang dalam penggarapan untuk penanganan kawasan kumuh tersebut.
    Program itu menangani masalah air bersih, sanitasi lingkungan, penanganan sampah dan perbaikan rumah layak huni.
    Rumah kumuh tersebar pada 29 kecamatan di Tangerang, di antaranya di Kecamatan Kronjo, Mauk, Sepatan, Rajeg, Gunung Kaler, Cijambe, dan Sukadiri.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com