• Pemkab Biak Tingkatkan Sarana Prasarana Puskesmas

    0

       Biak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui dinas kesehatan pada tahun anggaran 2016 meningkatkan kualitas layanan kesehatan dengan memperbaiki penambahan sarana prasarana kesehatan di berbagai Puskesmas setempat.
    “Peningkatan ketersediaan sarana prasarana  Puskesmas di 19 distrik  bertujuan  memberikan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas, cepat dan murah kepada warga,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor, Petrus Yapen di Biak, Jumat.
    Ia mengatakan, peningkatan akses layanan kesehatan untuk melayani sebanyak 140 ribu penduduk  Kabupaten Biak Numfor di berbagas  Puskesmas mengalami peningkatan signifikan dari 19 persen  menjadi 42 persen pada tahun 2016.
    Kadinkes Petrus Yapen menyebut, peningkatan akses layanan kesehatan sebagai implementasi dari visi misi Bupati Thomas Ondy untuk mendekatkan pelayanan Puskesmas kepada masyarakat.
    Dengan adanya peningkatan akses layanan kesehatan di setiap Puskesmas, menurut Petrus, diharapkan akan berdampak langsung dengan  ketersediaan fasilitas sarana prasarana kesehatan di setiap Puskesmas.

       Di antara sarana prasana kesehatan disiapkan pemkab, menurut Petrus Yapen, yakni membangun gedung Puskesmas baru, menambah tenaga medis kesehatan, menyediakan mobil ambulans serta kendaraan operasional untuk pelayanan pengobatan pasien setempat.
    “Dinas Kesehatan sebagai SKPD teknis daerah setiap tahun anggaran mendorong peningkatan kapasitas aparatur tenaga kesehatan hingga penambahan fasilitas sarana prasarana  fisik kesehatan,” kata Kadis Kesehatan petrus yapen menanggapi layanan kesehatan Puskesmas.
    Disinggung penanganan perempuan melahirkan di Biak, menurut Petrus Yapen, setiap pasien yang berobat untuk bersalin akan diberikan pelayanan optimal sesuai prosedur.
    “Untuk pasien pemegang kartu Papua sehat atau BPJS kesehatan saat berobat di Puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk mengelola program jaminan kesehatan nasional tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya.
    Berdasarkan data pada tahun 2016 Dinas Kesehatan membangun ruang rawat inap Puskesmas Biak Kota, renovasi gedung Puskesmas sumberker dan membangun dua gedung Puskesmas di distrik Andey dan distrik Poiru pulau Numfor.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com