• Pemekaran Kecamatan Tinggal Tunggu Ketetapan

    0
    Pemkot Palembang Dispensasi PNS Telat Bekerja

    Pemekaran Kecamatan Tinggal Tunggu Ketetapan

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Demi meningkatkan pelayanan kepada publik,  rencana Pemkot Palembang untuk melakukan pemekaran Kecamatan semakin mengalami perkembangan, bahkan sembari menunggu hasil ketetapan dari Pemprov dan Mendagri, lahan untuk pembangunan kantor Kecamatan pun sudah ditentukan.

    Kabag Tapem (tata pemerintahan) Pemkot Palembang, Herly Kurniawan mengatakan rencananya kantor kecamatan pecahan dari SU I, kecamatan Jakabaring bakal dibangun di belakang KPU Sumsel Jakabaring palembang. tanah tersebut merupakan hibah dari provinsi. “Ada 1 ha lahan yang bakal dibangun untuk kantor Camat,”kata dia. Kemarin kendati demikian, di sampingnya juga bakal ada setengah hektar lahan yang akan dibangunkan kantor Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBBK) Palembang.

    Sementara untuk kecamatan Kuto Gawang, pecahan dari IT 2 sampi saat ini masih mencari lokasi yang cocok. PIHAKNYA sedang mengupayakan anggaran pemekaran kecamatan di APBD Perubahan yang saat ini masih dalam pembahasan dengan DPRD Palembang.

    Rencananya, anggaran tersebut bakal digunakan untuk pembelian tanah untuk membangun kantor Camat pecahan IT 2. Herly menyebut ada beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi kecamatan yang akan dilakukan pemekaran.

    Dan untuk SU 1 dan IT 2 ini jelas sudah memenuhi syarat tersebut. Syarat nya meliputi kepadatan jumlah penduduk, jumlah kelurahan harus lebih atau sama dengan 10 keluarahan dimana jumlah kelurahan di SU 1 terdapat 10 kelurahan dan kecamatan IT 2 ada 12 kelurahan dengan luas wilayah yang memang sangat luas.

    Dijelaskannya, kecamatan SU I setidaknya mempunyai luas wilayah mencapai 2.545 ha dengan jumlah penduduk lebih-kurang 165 ribu jiwa dan terdiri dari 10 kelurahan sedangkan di kecamatan IT 2 mempunyai luas wilayah sekitar 4.000 ha dengan jumlah penduduk lebih-kurang 180 ribu jiwa dan terdiri dari 12 kelurahan.

    Camat Ilir Timur II, Syahiruligama mengaku untuk kantor Camat pecahan IT 2 sendiri sampai saat ini masih mencari lokasi yang pas. “Opsinya hanya dua, apakah akan membeli tanah atau menggunakan tanah pemkot yang sudah ada,” akunya.

    Seperti salah-satu opsinya, bisa saja menggunakan tanah di tempat penampungan tuna netra yang berada di simpang Fatal tepatnya di depan JM. Tapi ini belum final.(eka)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com