• Pembuatan e-KTP di Kecamatan Mulai Tinggi

    0

    e-ktp-pontianakpost1PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang telah memberikan deadline hingga 31 September mendatang untuk perekaman data kependudukan, kini sudah banyak penduduk yang langsung melakukan pembuatan e-KTP di Kecamatan masing-masing.

    Salah satunya di Kantor Camat Seberang Ulu 1 (SU1) sudah dipenuhi oleh warga yang hendak mengurus e-KTP sejak pagi. Alasan beberapa warga ini beragam, mulai dari membuat baru, pindah domisili, hingga kehilangan.

    Hakim Wesleyw Ketua Rt 38 RW 13 Kelurahan 15 ulu ini. Menurutnya cukup banyak warga pemula yang memang baru membuat KTP dikarenakan usianya sudah cukup. “Selain itu ada juga warga yang memang belum buat, mungkin saat itu lupa atau tidak sempat. Biasanya yang lupa ini kebanyakan ibu-ibu,”ujarnya, Senin (22/8).

    Untuk di wilayahnya sendiri, masih cukup banyak warga yang belum memiliki KTP. Apalagi ditambah oleh warga yang baru pindah, maupun masih memakai alamat lama. Kalau mereka hanya pindah antar kelurahan dan masih dalam 1 kecamatan, maka hanya perlu melapor ke kecamatan.

    Tapi jika yang bersangkutan sudah pindah antar kecamatan maupun Kabupaten, maka harus melapor ke Disdukcapil setempat.

    Pihaknya sendiri sudah menerima surat imbauan dari Disdukcapil Palembang terkait sosialisasi warga untuk membuat e-KTP ini. Sebab masa tenggat waktu yang hanya tinggal sebulan, seluruh warga wajib membuat e-KTP untuk berbagai keperluan.

    “Terutama untuk warga yang pindah domisili, sudah kita anjurkan untuk melapor ke kecamata  masing-masing. Karena akan ada perubahan alamat tempat tinggal, namun nomor KK dan NIP nya tidak berubah,”kata Hakim.

    Sementara itu, kepala Disdukcapil Palembang, Ali Subri sendiri sudah mengirimkan surat edaran ke setiap kecamatan dan kelurahan untuk mensosialisasikan hal ini. Baik itu pemilik e-KTP pemula (usia 17 tahun) maupun yang sudah menikah.

    “Jika ada perubahan status maupun pindah domisili, juga harus melapor. Begitu juga kalau e-KTP hilang, maka harus meminta surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan melampirkan KK untuk diserahkan ke Kecamatan,”ungkapnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com