• Pembangunan infrastruktur air bersih Asian Games 2017

    0

    28Palembang, jurnalsumatra.com – Pembangunan infrastruktur air bersih untuk mendukung perhelatan Asian Games ke-18 tahun 2018 akan dimulai pada 2017, kata Direktur Operasional dan Pemasaran PDAM Tirta Musi Andy Wijaya.

    “Lokasi sudah disiapkan, demikian juga dengan `detail engineering design` sehingga pada 2017 bisa langsung dikerjakan,” kata Andy di Palembang, Sumsel, Jumat.

    Ia mengatakan saat ini PDAM Tirta Musi sedang mengurus administrasi mengenai penyertaan modal pemerintah kota berupa 5.000 meter persegi untuk ipa “instalasi pengolahan air minum) Gandus dan 2.200 meter persegi untuk ipa Ogan.

    PDAM Tirta Musi merencanakan membangun ipa Ogan II dengan kemampuan 500 liter/detik yang lokasi berdampingan dengan ipa Ogan I.

    Sedangkan ipa Ogan I akan ditingkatkan kapasitasnya dari 800 liter/detik menjadi 1.200 liter/detik.

    Kemudian, untuk mendukung kebutuhan air baku di dua ipa ini akan dibangun intake berkapasitas 1.200 liter/detik yang pembiayaannya bersumber dari APBN.

    “Pembangunan infrastruktur di ipa Ogan ini tak lain untuk mendukung dan menjaga keandalan penyediaan air bersih di kawasan Seberang Ulu, yakni tempat beradanya Kompleks Olahraga Jakabaring,” tutur Andy.

    Ia mengatakan kawasan seberang ilir juga tidak luput dari pembangunan infrastruktur air bersih, mengingat menjadi lokasi beberapa hotel berbintang.

    Terkait ini, PDAM Tirta Musi akan membangun ipa Gandus di kawasan Pulokerto dengan kapasitas 700 liter/detik.

    Pembangunan dan peningkatan kapasitas ipa ini juga untuk mengimbangi pertumbuhan pelanggan 11 persen per tahun.

    “Khusus untuk ipa Gandus ini, PDAM menggunakan uang dari pinjaman bank, tapi untuk bunga komersialnya dibayarkan pemerintah sesuai dengan Perpres 29 tahun 2009,” ucapnya.

    Sementara ini hampir 85 persen penduduk Kota Palembang telah merasakan layanan air bersih PDAM Tirta Musi.

    Untuk meningkatkan capaian ini dan menjaga keberlangsungannya, Pemkot Palembang telah merencanakan pendirian waduk seluas 100 hektare di Tanjung Barangan, Kecamatan Bukit Baru yang nantinya jadi sumber air baku PDAM (tidak semata-mata mengandalkan Sungai Musi).(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com