• Pelabuhan Baru Pompong Sekupang Beroperasi Oktober

    0

    Batam, jurnalsumatra.com- Pelabuhan kapal kayu bermesin sangkut (pompong) Sekupang yang baru di Kota Batam, Kepulauan Riau, mulai dioperasikan pada Oktober 2016.
    “Oktober ini bisa beroperasi,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad usai memberikan jaket pelampung kepada pengemudi pompong di Batam, Kamis.
    Pelabuhan Pompong Sekupang merupakan pelabuhan rakyat yang biasa digunakan untuk tambat dan labuh kapal-kapal kayu yang melayani masyarakat dari pulau utama ke pulau-pulau penyangga seperti Pulau Belakangpadang, Pulau Kasu, dan Pulau Terong.
    Saat ini, pengerjaan pelabuhan dua lantai itu memasuki tahap ke dua dari tiga tahap yang direncanakan.
    Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Zulhendri mengatakan, setelah pembangunan tahap II selesai, maka sudah bisa digunakan.
    “Sekarang ini pembangunan tahap II sudah mencapai 55 persen. Oktober selesai tahap II dan bisa dioperasikan,” kata Zulhendri.
    Kini, bangunan dua lantai sudah berdiri, lantainya sudah diberi keramik. namun sebagian dinding belum ada.
    Zulhendri menyatakan tahap III akan dimulai tahun depan, untuk mempercantik gedung demi kenyamanan penumpang.      Rencananya, kata Zulhendri, pemerintah juga akan mengganti seluruh dermaga di pelabuhan itu, karena kini sudah mulai berkarat.
    Anggaran pembangunan Pelabuhan Sekupang dari APBD 2016, berasal dari APBD 2016, sayang Zulhendri enggan menyebut besaran dananya.
    Desain Pelabuhan Pompong Sekupang tidak akan diseragamkan dengan Pelabuhan Domestik Sekupang dan Pelabuhan Internasional Sekupang yang letaknya bersebelahan.
    Meski begitu, pembenahan Pelabuhan Pancung Sekupang tetap akan memperhatikan estetika dan kenyamanan penumpang.
    Sementara itu sebelum dibangun Pelabuhan Pompong hanya terdiri dari dermaga, tanpa ruang tunggu memadai. Pelabuhan itu hanya dilengkapi ruang pembelian tiket dan tempat duduk di atas pelantar.
    Akses jalan menuju pelabuhan itu pun masih jalan tanah, dan menjadi becek setiap hujan turun.
    Pelabuhan juga belum didukung tempat parkir yang memadai, sehingga penumpang harus memarkirkan kendaraannya di Pelabuhan Domestik Sekupang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com