• Pekan ini, DP2K Sidak Hewan Qurban

    0

    kamibing hewan qurbanPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Hari raya idul adha yang akan jatuh pada 2 September mendatang tinggal hitungan minggu, untuk mengantisipasi beredarnya hewan qurban yang berpenyakit Dinas Pertanian, perikanan dan Kehutanan (DP2K) Kota Palembang dalam minggu ini akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) kesejumlah pedagang maupun peternak.

    “Dalam minggu ini kami akan melakukan sidak dengan pak Walikota Palembang, sidak ini sama dengan tahun lalu, ke pedagang maupun peternak,”kata Kepala DP2K, Harry Hadi kepada Radar Palembang, Rabu, (30/8).

    Harry menjelaskan dengan sidak ini dapat mengantisipasi beredarnya hewan qurban yang tidak sehat, sehingga masyarakat yang inggin membeli qurban memang hewan yang telah dianjurkan oleh agama salah satunya sehat.

    Harry memprediski jumlah hewan qurban di Palembang sama dengan tahun ini, untuk sapi berkisar 6 ribu ekor sedangkan kambing 3 ribu ekor, sebagaian besar sapi berasal dari Lampung yang diimpor dari Singapura.

    “Kalaupun terjadi peningkatan tidak begitu tinggi, sedangkan harga terjadi kenaikan berkisar 5 persen, kenaikan wajar terjadi karena pedagang maupun peternak mengambil untung,”kata Harry.

    Sedangkan pembagunan Rumah Potong Hewan (RPH) modern yang dipusatkan di kawasan Gandus Palembang mulai dikerjakan, proyek yang menelan anggaran berkisar Rp 12 miliar. Harry mengklaim -pengerjaan RPH sudah berjalan sekitar 35-40 persen.

    “dengan adanya RPH ini tentu akan memudahkan peternak untuk melakukan RPH, dan tentu RPH yang dibanggun sangat moderen dengan dilengkapi berbagaf fasilitas dan sebagainya,”tukasnya.

    Pantauan disejumlah jalan pedagang hewan qurban sapi dan kambing mulai bermunculan, harga yang ditawarkan sesuai dengan ukuran, sebagaian besar harga sapi dan kambing mengalamai kenaikan hingga 10 persen.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com