• Pedagang Pasar Talang Kelapa Segera Diseleksi

    0
    Warga memilih aneka kuliner di pasar Ramadan di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (18/6). Ratusan pedagang musiman memadati pasar Ramadan yang disediakan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mencari hidangan berbuka puasa. ANTARA FOTO/FB Anggoro/ss/kye/15.

    Pedagang Pasar Talang Kelapa Segera Diseleksi

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com  – Sejak dibangun pada Desember tahun lalu, kondisi pasar Talang Kelapa kini nyaris kosong selama lebih dari 8 bulan. Agar tidak terbengkalai pemerintah kota (pemkot) Palembang segera mempercepat proses seleksi pedagang yang bakal menempati ratusan kios dan lapak di pasar yang sudah siap beroperasi ini.

    Asisten II Setda Palembang, Hardayani mengatakan, usai rapat pihaknya sudah menetapkan kriteria pedagang yang bakal memperoleh izin untuk menempati pasar tersebut.”Kita sudah dapat beberapa kriteria pedagang yang akan menempati lokasi. Saat ini sedang dalam proses seleksi karena pendaftaran sudah membludak,”kata Hardayani, usai rapat membahas pemanfaatan pasar Talang Kelapa dan seleksi calon pedagang di ruang rapat asisten II, Senin (15/8).

    Dilanjutkan Hardayani, adapun kriteria utama yang harus dipenuhi yakni calon pedagang memang benar-benar sudah berdagang di lokasi tersebut disertai dengan bukti dari lurah dan camat. Termasuk warga yang memang berdomisili di daerah tersebut. Selanjutnya dilihat dari batasan usia. “Lalu dari jenis dagangan, harus 9 bahan pokok termasuk tekstil. Kalau produk diluar itu seperti bahan bangunan tidak diperbolehkan,”jelasnya.

    Pihaknya menargetkan tanggal 22 September nanti pasar Talang Kelapa      harus sudah beroperasional dengan memiliki pedagang yang sudah menempati kios. Maka itu dalam waktu satu bulan terhitung mulai 22 Agustus nanti paniti harus sudah melakukan seleksi calon pedagang ini.

    Dikatakan dia, akan ada tim seleksi yang akan menjaring calon pedagang ini. Beberapa tempat yang akan diisi meliputi kios 29 unit, los basah 39 unit, los kering 58 unit, dan gudang 5 unit. Total dari pembangunan pasar ini sekitar 6 Miliar menggunakan dana APBN. “Untuk sewanya nanti ditentukan oleh PD pasar oleh perwali yang baru. Rencananya pasar ini akan jadi pasar rakyat percontohan, karena disana akan mengelola sampah sendiri, kompos, 3 R, lahan dan petugas parkir,”terangnya.

    Sementara itu, Kabid perdagangan dalam negeri Disperindagkop Palembang, Juni Haslani mengatakan, untuk pendafataran calon pedagang bisa dilakukan di kantor Disperindagkop. Kemudian pedagang akan diseleksi.

    “Dari ratusan pedagang yang mendaftar, nanti akan diambil sekitar 150an pedagang yang akan terakomodir untuk menempati pasar Talang Kelapa. Sisanya akan masuk ke data base Pemkot untuk kita kembangkan,”tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com