• Pasangan “Adil” Serahkan 35.457 Dukungan Perseorangan

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kupang jalur perseorangan Habde Adrianus Dami-Ferdy Leho (Adil) menyerahkan 35.457 Kartu Tanda Penduduk (KTP) dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).
    “Hari ini kami serahkan 35.457 syarat dukungan kepada KPU agar bisa diteliti untuk selanjutnya bisa ikut serta dalam ajang pemilihan kepala daerah serentak Februari 2017 mendatang,” kata Habde Adrianus Dami kepada Antara di sela-sela penelitian berkas oleh KPU Kota Kupang, Sabtu.
    Mantan Sekretaris Daerah Kota Kupang itu mengaku ooptimistis seluruh dukungan yang disampaikan kepada KPU untuk diteliti akan sangat memenuhi syarat dan selanjutnya bisa ikut dalam tahapan pendaftaran.
    Dia mengatakan sesuai syarat yang diwajibkan Peraturan KPU, jumlah syarat dukungan perseorangan berada pada batas 22.417 dukungan. Selain itu memenuhi jumlah penyebaran di atas 50 persen jumlah kelurahan yang ada.
    “Untuk jumlah syarat itu sudah kami penuhi dan penyebarannya. Karena itu kami optimistis bisa lolos,” katanya.
    Bekas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang itu mengaku sebelum menyampaikan seluruh syarat dukungan itu ke KPU, pihaknya serta seluruh tim sudah melakukan verifikasi internal untuk memastikan data tersebut bersih dari pendobelan dukungan, data fiktif dan data PNS, TNI/Polri yang dilarang peraturan memberikan dukungan.
    “Kami verifikasi dan juga turun kembali ke lapangan. Bila ada pemilik data sudah pindah, meninggal atau beralih profesi kami langsung ganti,” katanya.
    Dari hasil verifikasi internal itu, terkoreksi dan harus dieleminasi sebanyak 1.527 data. “Jadi yang kami bawa hari ini sudah diyakini bersih dan tidak ada fiktif,” katanya.
    Habde mengatakan sudah bekerja selama dua tahun untuk kepentingan penyerahan dukungan di hari ini.
    Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang Lodowyk Frederik mengatakan, fase penyerahan syarat dukungan calon perseorangan dimulai Sabtu (6/8) hingga lima hari ke depan.
    Dalam tahapan ini, KPU akan menerima dan memeriksa seluruh syarat dukungan dari paket perseorangan yaitu, jumlah syarat dukungan yang harus mencapai 22.417 dukungan baik berupa dokumen kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) atau keterangan domisili.
    Selanjutnya, jumlah dukungan sebanyak 22.417 itu harus menyebar di lebih dari 50 persen kecamatan yang ada. Karena Kota Kupang memiliki enam kecamatan, maka untuk penuhi syarat ini, maka penyebaran dukungan harus berada di minimal empat kecamatan.
    Jika seluruh syarat yang diwajibkan itu dipenuhi, maka tahapan selanjutnya pasangan yang lolos akan mengikuti pendaftaran pasangan calon bersama paket lainnya yang masuk dari jalur partai politik pada 21-23 September 2016.
    Pascapendaftaran, KPU lalu melakukan verifikasi terhadap seluruh syarat dukungan yang ada, untuk selanjutnya menentukan paket tersebut layak ditetapkan atau tidak.
    “Verifikasi dilakukan dua tahap yaitu administrasi dan faktual di lapangan dengan sistem sensus,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com