• Operator PKH Disiapkan Mendampingi Layanan E-Warung

    0

    Surabaya, jurnalsumatra.com – Pendamping dan Operator Program Keluarga Harapan (PKH) akan disiapkan untuk mendampingi keluarga sangat miskin untuk menukarkan kebutuhan mereka di warung elektronik (E-Warung).
    “Dengan adanya E-Warung maka nantinya transaksi berupa ‘cashless’ para pendamping akan memberi informasi kepada keluarga yang didampingi untuk melihat saldonya lewat rekening,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Jumat
    Hal itu merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat secara sosial, karena menurut dia masih banyak masyarakat Indonesia terutama yang tidak mengerti menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM), apalagi uang elektronik.
    “Maka kita tidak hanya memberdayakan secara ekonomi, tetapi kita juga memberdayakan secara sosial, agar mereka percaya diri. Itu adalah tugas pendamping PKH untuk dapat menumbuhkan kepercayaan diri mereka,” kata Khofifah.
    Ia berharap kepada para pendamping dan operator PKH untuk bekerja setulus hati dan tidak menjadikan pekerjaan tersebut hanya sebagai batu loncatan.
    Khofifah mengatakan Pendamping dan Operator PKH merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan PKH dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yang sangat miskin menjadi keluarga yang sejahtera dan produktif.
    Tantangan terbesar buat pendamping saat ini memastikan seluruh penerima PKH dapat mengakses PBI-JKN, KIP, Rastra dan menerima bantuan sosial secara non tunai melalui tabungan.
    Pendamping juga akan diberdayakan sebagai agen pengelola E-Warung KUBE-PKH. Tahun ini juga terdapat komponen baru yang harus didampingi yaitu penyandang disabilitas dan lanjut usia dari keluarga kurang mamu.
    Khofifah mengatakan pada 2016 Kementerian Sosial RI mendapatkan tambahan penerima manfaat PKH sebanyak 2,5 juta, sehingga sasaran penerima manfaat mencapai enam juta keluarga miskin. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com