• Mobil Dinas Presiden Pertama RI Dipamerkan

    0

    Denpasar, jurnalsumatra.com – Sebuah mobil dinas Presiden Pertama RI akan dipamerkan bersama puluhan unit mobil dan sepeda motor kuno di Bali dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI.
    “Perhimpunan penggemar mobil kuno Bali bekerja sama  dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)  setempat menggelar pameran tersebut,”  kata Ketua Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Bali Jos Darmawan di Denpasar, Jumat.
    Ia mengatakan,  sebuah mobil kuno  yang pernah digunakan sebagai kendaraan dinas oleh Presiden Soekarno, produksi Rusia  tahun 1957 atau kini berusia 59 tahun.
    Pameran tersebut digelar di Lapangan Lotte Mart jalan By pass Ngurah Rai, Sanur Denpasar Selatan selama tiga hari, 14-16 Agustus 2016.
    Sebanyak 71 mobil dan 58 sepeda motor kuno ditampilkan dalam pameran yang terbuka untuk masyarakat umum secara cuma-cuma. Pameran tersebut tentu akan menarik bagi masyarakat karena menampilkan mobil produksi Rusia tahun 1957 yang secara khusus diberikan  Presiden Rusia kepada Presiden Soekarno sebagai hadiah.
    Menurut Jos Darmawan mobil dinas Presiden Soekarno yang kini berusia 59 tahun itu masih layak pakai di jalan raya. Hampir semua kendaraan kuno masih layak pakai dan mesin-mesinnya pun masih bagus.
    Bekas mobil dinas presiden pertama RI itu di dunia diperkirakan hanya ada tiga unit. Dua mobil lainnya itu masing-masing ada di Pilipina dan Amerika Serikat, namun kondisinya tidak bisa dipakai di jalan umum.
    Jos Darmawan menambahkan, lewat pameran mobil kuno yang pernah digunakan oleh proklmator Indonesia itu diharapkan  mampu menumbuhkan semangat kebangsaan dan kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia.
    Mobil yang memiliki  nilai sejarah itu sangat penting artinya bagi generasi muda bangsa untuk tidak melupakan sejarah bangsa dan negara Indonesia.
    Ketua PHRI Bali  Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati  menyambut baik kegiatan pameran mobil dan  sepeda motor kuno, karena secara tidak langsung juga akan menarik perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara dalam menikmati liburan di Pulau Dewata.
    Kegiatan pemeran tersebut tentu tidak akan dilewatkan begitu saja oleh pelancong, lebih-lebih lokasi pameran di tempat strategis di kawasan wisata Sanur. Mobil dan sepeda motor kuno merupakan bagian dari keberagaman daya tarik  wisata dan warisan budaya.
    Ia  menilai yang menjadi daya tarik pameran mobil kuno tersebut adalah mobil dinas presiden pertama RI. “Mudah-mudahan pameran tersebut bisa diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI, karena mempunyai daya tarik tersendiri, termasuk mendongkrak kunjungan wisatawan,” ujar  Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com