• Masyarakat Parapat Danau Toba Benahi Lingkungan

    0

         Simalungun, Sumut, jurnalsumatra.com – Pemerintah dan masyarakat Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, bersinergi membenahi lingkungan kediaman dan sekitar pantai Danau Toba menyusul ditetapkannya daerah itu sebagai tuan rumah Karnaval Hari Kemerdekaan Nasional Ke-71.
    Warga di pinggiran perairan Danau Toba, Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kamis, terlihat membersihkan dan membakar sampah, bekas perabotan, kapal yang sudah tidak berguna lagi.
    Mereka berharap dengan kebersihan dan keindahan dan setelah kegiatan Nasional tersebut, pengunjung memiliki kesan baik, sehingga mau datang lagi dan menyampaikan ke sanak keluarga.
    “Harapan kami, pengunjung ramai kembali supaya perekonomian lebih terbantu,” kata Rosida br Sinaga (36 tahun) penjual suvenir setempat.

         Lurah Kelurahan Tiga Raja, Ferry Risdoni Sinaga mengatakan, pihaknya menerapkan sanksi administrasi kepada warga yang lingkungan kediaman atau usahanya tidak bersih.
    “Kami tidak akan menerbitkan dokumen kependudukan atau surat lainnya yang rumahnya tidak bersih,” kata Lurah.
    Dia juga menginstruksikan aparat kelurahan untuk tidak membudayakan penerimaan imbalan dalam bentuk materi pada kepengurusan surat.
    “Itu tadi, tunjukkan halaman bersih, maka kami layani secara maksimal,” tegas Doni.
    Upaya memelihara kebersihan lingkungan melalui budaya gotong royong menjadi agenda rutin Kelurahan Tiga Raja, termasuk penertiban keramba dan eceng gondok.
    “Kelurahan ini pusat atau inti kegiatan kepariwisataan di Parapat, jadi harus indah dan menjadi contoh bagi lainnya,” kata Doni.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com