• Mahasiswa UIN Makassar Wakili Indonesia Ke Austria

    0

        Makassar, jurnalsumatra.com – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Hikmawati terpilih mewakili Indonesia dalam acara pertemuan “Vienna International Christian-Islamic Summer University (VICISU) Summer Course” di Wina,  Austria, Agustus 2016.
    Humas UIN Alauddin Makassar Arianto di Makassar, Kamis, mengatakan bahwa mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris itu mendapatkan beasiswa khusus yang tentunya merupakan sebuah kebanggaan, termasuk dari pihak akademika.
    “Kami dari pihak kampus tentu ikut berbangga ada mahasiswa kami ke ajang internasional. Kami berharap UIN Alauddin makin dikenal masyarakat luas,” katanya.
    VICISU sendiri merupakan program musim panas yang dilaksanakan selama 1 bulan dengan tujuan menyatukan mahasiswa dan profesor dari universitas yang tersebar di lima benua.
    Ajang internasinal itu umumnya mendatangkan 40 mahasiswa dari universitas di 15 negara Eropa dan non-Eropa yang berbeda, seperti Afghanistan, Mesir, Jerman, Indonesia, Iran, Lebanon, Maroko, Oman, Pakistan, Swiss, Palestina, Rumania, Saudi Arabia, Turki, dan Austria akan berpartisipasi dalam VICISU 2016.

        Untuk proses terpilihnya Hikmawati, kata dia, memang bukan hal mudah. Mulai dari memasukkan berkas yang akan menimbang kelengkapan dokumen persyaratan, indeks prestasi kumulatif (IPK), nilai Bahasa Inggris dalam KHS, curiculum vitae (CV), dan esai dalam bahasa Inggris.
    Pada tahap kedua para peserta diimbau untuk mempersiapkan diri mengikuti tes wawancara berbahasa Inggris.
    Wawancara dilaksanakan secara serentak pada hari Selasa, 24 November 2015, di enam lokasi, yakni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Alauddin Makassar, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sumatera Utara, dan UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan.
    Dari hasil seleksi wawancara tahap pertama dan kedua, diumumkan 25 peserta terpilih, kemudian disaring lagi menjadi 12 peserta, termasuk di antaranya Hikmawati.
    Hikmawati mengakui saat ini telah berada di Austria untuk mengikuti kegiatan internasional tersebut.
    “Saya tentunya bersyukur dan berbangga. Saingan saya hebat-hebat semua dan memiliki wawasan luas. Apalagi, ‘speaking’-nya bagus-bagus meski bukan dari pendidikan Bahasa Inggris,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com