• Mahasiswa Riau Ciptakan Manipulator Kaki Bagi Penyandang Cacat

    0

           Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) menciptakan suatu inovasi dibidang teknologi yang dinamakan manipulator kaki bagi penyandang cacat.
    “Suatu inovasi dibidang teknologi ini dibuat dengan tujuan ke depannya dapat dimanfaatkan membantu penyandang cacat kaki,” kata Mahasiswa PCR Adi Sucipto di Pekanbaru,  Jumat.
    Dikatakan mahasiswa jurusan Teknik Elektronika angkatan 2013 ini,  prinsip kerja manipulator kaki sendiri dapat menirukan pergerakan kaki manusia dengan mengunakan delapan sensor.
    “Delapan sensor terletak satu di lutut,  lima di jari kaki dan dua pada sendi manipulator, ” sebutnya.
    Pada dasarnya, pergerakan tersebut mengikuti perintah dari jari tangan dengan menggunakan sensor flek yang terhubung.

         “Jika sensor yang terhubung digerekan maka otomatis sesuai dengan perintah,  baik kaki,  jari kaki ataupun sendi kaki ikut bergerak,” kata Adi pula.
    Selanjutnya,  kata Adi,  pengerjaan alat tersebut berkisar lima sampai enam bulan. Dengan berbahan kayu ringan sehingga gampang digerakkan.
    Ternyata sebelumnya, hasil ciptaannya itu telah mendapat perhatian dari gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat dipajang dalam pameran Pendidikan dan IPTEK pada bersempenanya Hari Ulang Tahun (HUT) Riau yang ke-59.
    Menurut Adi, orang nomor satu di Riau ini berpesan tentang bagaimana penerapan alat yang diciptakan mahasiswa PCR dapat digunakan langsung bagi masyarakat.
    “Bapak Andi (sapaan akrab gubernur Riau) berpesan agar adik-adik mahasiswa bekarya,  namun tidak terlepas dari perannya untuk masyarakat,” tuturnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com