• Legislator Minta Pemda Bina Sekolah Swasta

    0

         Sampit, jurnalsumatra.com – Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Dadang H Syamsu meminta pemerintah daerah untuk memberikan pembinaan terhadap sekolah swasta.
    “Peran pemerintah Kotawaringin Timur dalam membina sekolah swasta di daerah itu saya lihat masih kurang, akibatnya masih ada sekolah swasta yang kondisi infrastrukturnya kurang memadai dan ada juga yang kekurangan tenaga pendidik,” katanya di Sampit, Kamis.
    Sebagian besar sekolah swasta di Kotawaringin Timur kalah bersaing dengan sekolah berstatus negeri, terutama dalam menarik minat siswa.
    Dadang menilai, perlu ada regulasi tegas untuk menjaga dunia pendidikan di Kotawaringin Timur,karena dengan regulasi itu akan menjadikan sekolah swasta dan negeri tetap berjalan dengan seimbang. Salah satunya yakni dengan menyesuaikan daya tampung siswa di setiap sekolah.
    “Sepertinya itu memang harus diregulasikan secara tegas, misalnya sekolah kalau memang sudah dibatasi satu rombongan belajar ya itu saja, jangan ditambah-tambah lagi,” katanya.

         Lebih lanjut Dadang mengatakan, dalam hal ini pihaknya tidak ingin persoalan dunia pendidikan sekolah swasta ada yang tidak mendapatkan siswa, akibat dari kurangnya keberpihakan pemerintah kepada sekolah swasta.
    Di Kotawaringin Timur sekolah negeri terkesan memonopoli pendidikan dalam hal menampung jumlah perserta didik.
    “Seharusnya sekolah negeri bisa melihat situasi, sebagai sesama sekolah yang punya peran mencerdaskan anak pelajar ya kalau sudah memenuhi kouta jangan ditambah-tambah dengan alasan tertentu, ini sebenarnya persoalan komplesk dunia pendidikan di Kotawaringin Timur. Kami berharap tahun yang akan datang kegaduhan dunia pendidikan akibat swasta merasa diabaikan oleh pemerintah daerah bisa diselesaikan dengan baik,” ucapnya.
    Diketahui, selain pesoalan minimnya keberpiahakan kepada sekolah swasta disektor kouta siswa , sebelumnya pemerintah Kotawaringin Timur juga disorot soal adanya dugaan diskriminasi terhadap tenaga pendidik yang mengajar di salah satu sekolah.
    “Saya berharap pemerintah Kotawaringin Timur nantinya bisa bersikap adil baik itu terhadap sekolah swasta maupun kepada tenaga pendidik,” demikian Dadang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com