• Lebak Sambut Positif Transmigrasi Nelayan Ke Natuna

    0

         Lebak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten menyambut positif rencana transmigrasi nelayan ke Pulau Natuna, Provinsi Kepulauan Riau untuk meningkatkan produksi tangkapan dan kesejahteraan nelayan.
    “Kami mendukung program transmigrasi khusus nelayan itu, sebab merupakan program Nawacita Pemerintah Joko Widodo atau Jokowi,” kata  Kepala Dinas Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak Winda Triana di Lebak, Senin.
    Program transmigrasi khusus nelayan yang akan digulirkan Menteri Koordinator Kemaritiman ke Pulau Natuna dapat berdampak terhadap produksi tangkapan ikan laut.
    Selama ini, Perairan Natuna kerapkali dijadikan tempat pencurian ikan oleh nelayan asing, seperti Vietnam, Thailand dan Malaysia.
    Untuk itu, pihaknya mendukung program transmigrasi khusus nelayan ke Pulau Natuna.
    Sebab, perairan Natuna cukup melimpah populasi ikan-ikan besar sehingga memberikan harapan besar terhadap peningkatan pendapatan nelayan.
    “Kami ke depan akan menyosialisasikan program transmigrasi nelayan itu,” ujarnya menjelaskan.

         Menurut dia, pihaknya hingga kini belum mengetahui mekanisme penyaluran transmigrasi nelayan ke Pulau Natuna.
    Selama ini, kebanyakan nelayan pesisir selatan Kabupaten Lebak kategori nelayan kecil dengan menggunakan alat tangkap perahu motor, sedangkan nelayan Perairan Natuna harus menggunakan kapal di atas 10 GT.
    “Kami berharap nelayan yang berkeinginan transmigrasi ke Pulau Natuna diberikan bantuan kapal, alat tangkap juga jaminan hidup,” katanya berharap.
    Ia menambahkan jumlah nelayan pesisir selatan Kabupaten Lebak tercatat 3.600 orang tersebar di 10 tempat pelelangan ikan (TPI) cukup mendukung program transmigrasi tersebut.
    “Saya kira sepanjang tranmigrasi khusus nelayan itu dapat menjamin kehidupan yang layak dan sejahtera dipastikan minat nelayan cukup tinggi,” katanya menambahkan.
    Kepala Seksi Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Lebak Dian optimistis minat nelayan Lebak untuk bertransmigrasi ke Pulau Natuna cukup tinggi.
    Saat ini, kata dia, pihaknya sudah menerima beberapa nelayan yang mendaftarkan calon transmigrasi ke Pulau Natuna.
    “Kami sangat mendukung program transmigrasi khusus nelayan itu akan berdampak meningkatkan kesejahteraan nelayan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com