• KSPI: Investasi Asing Harus Prorakyat

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengatakan investasi asing harus prorakyat untuk menyediakan lapangan pekerjaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
    “Kita tidak menolak investasi asing, tapi kita mengingini investasi membuka lapangan kerja untuk pekerja lokal,” kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam seminar nasional “Efek Domino Serbuan Tenaga Kerja Asing”, Jakarta, Selasa.
    Dia mengatakan pembangunan infrastruktur yang menyertakan modal asing diharapkan dapat memfasilitasi terlebih dahulu kebutuhan dalam negeri dengan memperkerjakan pekerja lokal.
    Dia menekankan lapangan kerja di perusahan dengan modal asing ataupun pembangunan dengan penyertaan modal asing tidak membiarkan lapangan Kerja dalam negeri diambil alih oleh tenaga kerja asing.
    Dia memberikan contoh enam perusahaan Tiongkok di Pulogadung memperkerjakan 30 persen tenaga kerja asal Tiongkok.
    Pada pekerjaan yang sama, tenaga kerja Indonesia yang dipekerjakan digaji minimum  Rp2,8 juta sementara pekerja asal Tiongkok mendapat Rp10-13 juta.
    “Ini disparitas upah, belum lagi perlakuan,” tuturnya.
    Sebelumnya, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia Mirah Sumirat mengatakan saat ini sebanyak tujuh juta orang yang termasuk dalam angkatan kerja Indonesia masih menganggur.
    “Masih banyak angkatan kerja kita belum terserap lapangan pekerjaan. Tujuh juta orang yang siap bekerja saat ini masih menjadi pengangguran,” ujarnya.
    Fakta yang didapatkan ASPEK tersebut, lanjutnya, kemudian diperburuk dengan banyaknya serbuan pekerja asing dari Tiongkok, sehingga kondisi ini dikhawatirkan mengurangi kesempatan angkatan kerja Indonesia berkarir di negaranya sendiri.
    “Serbuan ini memang datang akibat dari kerja sama antarpemerintah terkait investasi, tapi ketika investasi tidak berpihak kepada pekerja dalam negeri bakal menjadi invasi asing,” tuturnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com