• KI NTB Akan Canangkan Desa Benderang Informasi

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan mencanangkan Desa Benderang Informasi yang akan mengadirkan 995 kepala desa di daerah itu.
    Ketua KI NTB Ajeng Roslinda di Mataram, Jumat, mengatakan, kegiatan pencanangan Desa Benderang Informasi direncanakan awal bulan Oktober 2016 di Kota Mataram.
    “Kegiatan ini akan dihadiri langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Menteri Dalam Negeri, termasuk Gubernur NTB dan delapan kepala daerah di NTB,” katanya di seusai melakukan pertemuan dengan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh.
    Ia mengatakan, kegiatan Desa Benderang Informasi dipusatkan di Kota Mataram meskipun Kota Mataram tidak memiliki desa dan tidak ikut dalam menandatangani nota kesepahaman.
    Namun, katanya, Mataram merupakan salah satu kota di NTB yang miliki sistem pengelolaan informasi publik yang baik dan berada pada peringkat kedua pada tahun 2015.
    Dikatakannya, dalam pencanangan Desa Benderang Informasi akan dilaksanakan penandatangan nota kesepahaman bersama antara Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi dengan 8 kepala daerah di NTB dan komitmen bersama seluruh desa se-NTB.
    “Nota kesepahaman itu berisi tentang standar layanan informasi desa, implementasi keterbukaan informasi sampai ke desa,” katanya.
    Menurutnya, selama ini belum ada aturan tentang standar layanan informasi desa, karena itulah tahun ini KI NTB mengeluarkan regulasi terkait standar layanan informasi desa.
    “Potensi tingkat keingintahuan masyarakat terhadap penggunaan anggaran desa, kebijakan dan program kepala desa saat ini sudah cukup tinggi,” katanya.
    Akan tetapi, pihak desapun mengaku masih bingung terhadap standar informasi yang akan diberikan ke masyarakat.
    “Desa juga bingung seperti apa informasi yang boleh dan tidak boleh diberikan dan ini menjadi ketidakpahaman terhadap desa, untuk itulah kita mencanangkan Desa Benderang Informasi,” katanya.
    Harapannya, dengan adanya program Desa Benderang Informasi, kepala desa akan mendapatkan pembinaan dan panduan sehingga mampu memberikan standar layanan informasi yang dibutuhkan masyarakat .(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com