• Kevakuman Kades Hambat Pencairan Dana “Anggur Merah”

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Wayan Darmawa mengatakan, kevakuman jabatan kepala desa pada sejumlah desa di daerah itu, telah menghambat proses pencairan dana anggaran untuk rakyat menuju sejahterah (Anggur Merah) 2016.
    “Ada beberapa desa di NTT yang belum mencairkan dana ‘Anggur Merah’ karena belum memiliki kepala desa defenitif. Pejabat kepala desa menolak menandatangani dukumen pencairan dana,” kata Wayan Darmawa kepada Antara di Kupang, Senin.
    Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan proses pencairan dana ‘Anggur Merah’ 2016.
    Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun anggaran 2016, telah mengalokasikan dana untuk program lanjutan dan pengembangan Desa Mandiri Anggur Merah (DeMAM) sebesar Rp147 miliar.
    Dana tersebut disalurkan untuk 589 desa, yang tersebar di 23 kabupaten/kota di NTT.

         Menurut dia, saat ini para petugas sedang turun ke desa-desa yang belum memiliki kepala desa, untuk memberikan pemahaman kepada pejabat kepala desa agar bersedia menandatangani dokumen pencairan dana.
    “Sebenarnya tidak ada masalah, karena pengelolaan dana ini langsung kepada kelompok. Pejabat kepala desa hanya mendatangani dokumen sehingga dana bisa dicairkan ke kelompok,” katanya.
    Dia mengatakan, sudah ada beberapa pejabat kepala desa yang sudah menandatangani dokumen, sehingga kelompok-kelompok sudah bisa mengajukan permohonan pencairan dana.
    Wayan juga berharap, paling lambat akhir Agustus ini semua desa penerima dana ‘anggur merah’ sudah bisa cair 100 persen, sehingga akhir tahun sudah bisa mulai ada pengembalian.
    Program Desa Mandiri Anggur Merah ini diluncurkan Gubernur NTT Frans Lebu Raya pada periode pertama kepemimpinannya Desember 2008 lalu.
    Dalam program ini, setiap desa atau kelurahan yang menjadi sasaran program, mendapat alokasi dana sebesar Rp250 juta untuk pengembangan ekonomi produksi dan usaha lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com