• Kementerian ESDM Luncurkan Lomba Hemat Energi

    0

         Denpasar, jurnalsumatra.com – Direktur Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya  Mineral (ESDM) Farida Zed meluncurkan Lomba Hemat Energi di Rumah dan Sekolah di Kota Denpasar, Kamis.
    Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala  Bidang ESDM Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali Ir. Putu Agus Budiana dan Asisten III Bidang Administrasi Umum  Pemkot Denpasar Ir. IGN. Eddy Mulya, SE, M.Si  itu  Direktur Farida Zed menekankan, prilaku hemat energi menjadi kewajiban seluruh lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
    Hal itu mempunyai peran penting, karena masyarakat selama ini masih tergolong boros dalam menggunakan energi. Hal itu ditunjukkan dengan tingkat konsumsi energi yang cukup tinggi.
    Untuk itu perbaikan prilaku  menjadi hal yang sangat penting dan efektif yang dapat dilakukan melalui pembiasaan (learning by doing). Upaya tersebut dimaksudkan untuk mengajak siswa atau pelajar dari semua jenjang pendidikan untuk dapat memahami dan mempraktekkan pengetahuan tentang konservasi energi.

          Farida Zed  menambahkan, peserta lomba kegiatn tersebut terdiri atas para siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) yang dilaksanakan di empat kota meliputi Denpasar, Jabodetabek,  Bandung dan  Surabaya.
    Khusus di Kota Denpasar kegiatan tersebut melibatkan 20 sekolah yang terdiri atas sepuluh SMP dan sepuluh SMA di ibukota Provinsi Bali.
    Ia mengharapkan agar kegiatan tersebut mampu mencetak kader koservasi energi yang dapat menularkan kepada kader lainnya.  Mereka yang keluar sebagai juara direncanakan akan bertemu dengan tokoh-tokoh yang konsentrasi dan peduli terhadap energi.
    Lomba hemat energi di rumah dan sekolah tersebut berlangsung selama tiga bulan, diawali  dengan pelatihan tentang langkah-langkah  penghematan energi bagi para guru sebagai manajer energi.
    Selama periode lomba, para  guru dan siswa diarahkan untuk berkreasi dan berinovasi untuk menerapkan perilaku  hemat energi di rumah maupun di sekolah.
    Setiap bulan  para siswa mengikuti kompetisi  berbagai kegiatan antara lain membuat rekaman kaset pandang dengar (video),  membuat yel-yel (jingle), mural, arsitektur dan fotografi  tentang  hemat energi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com