• Kemenkumham Babel Harapkan BNN Optimalkan Program Rehabilitasi

    0

         Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap kepada Badan Narkotika Nasional untuk mengoptimalkan program rehabilitasi terhadap pecandu narkoba guna mengurangi penghuni lapas di daerah itu.
    “Saat ini seluruh lapas sudah ‘over’ kapasitas yang tinggi sehingga dapat berdampak buruk terhadap kondusivitas dan kesehatan warga binaan,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel Bambang Palasara di Pangkalpinang, Kamis.
    Ia menjelaskan saat ini jumlah warga binaan di Lapas Pangkalpinang mencapai 530 orang, mentara kapasitas lapas hanya 250 orang, Lapas Narkotika mencapai 540 orang, sementara kapasitas hanya 230 orang.

         “Penguna narkoba cukup direhabilitasi saja, karena mereka korban bandar narkoba,” ujarnya.
    Untuk itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan BBN  agar pengguna narkoba itu direhabilitasi rawat jalan dan inap, guna mengurangi penghuni lapas.
    “Terus terang penghuni lapas didominasi warga binaan pengguna narkoba,” ujarnya.
    Dalam mengatasi lapas “over” kapasitas itu, pihaknya berupaya membangun lapas baru dan berbagai fasilitas agar warga binaan mendapatkan layanan yang layak.
    “Kami kasihan melihat kondisi warga binaan. Satu ruangan tahanan dihuni delapan hingga 10 orang sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti sesak nafas, kulit, dan lainnya,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com