• KEMENAG: Embarkasi Haji Antara Tidak Tahun Ini

    0

    Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau menegaskan, embarkasi dan debarkasi haji antara di daerah setempat tidak difungsikan di tahun ini, menyusul belum siapnya berbagai infrastuktur pendukung seperti asrama penginapan bagi jamaah calon haji.
    “Kita harus siapkan dulu seperti asrama, lalu transportasi, kesehatan, imigrasi dan lain sebagainya. Itu semua, tidak terkejar dengan waktu yang mepet,” papar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad Azis di Pekanbaru, Senin.
    Selain berbagai hal tersebut, Azis melanjutkan, hingga kini pihaknya belum menerima pemberitahuan resmi pemerintah pusat melalui Kemenag tentang penunjukan untuk Kota Pekanbaru sebagai embarkasi haji antara.
    Meski ramai diberitakan media setempat bahwa Pemerintah Provinsi Riau telah melakukan berbagai persiapan seperti menyiapkan rumah susun sewa dan sanggup menampung 540 orang jamaah calon haji.
    Embarkasi dan debarkasi tersebut berlokasi di belakang gedung DPRD Riau dengan rencana bakal dijadikan sebagai asrama haji sementara dan tercatat pernah dikunjungi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
    “Berdoa saja, semoga pada tahun 2017 bisa terlaksana di Riau. Untuk tahun ini, kami kira tidak mungkin karena kloter (kelompok terbang) pertama jamaah provinsi ini berangkat menuju embarkasi Batam dalam pekan ini atau 9 Agustus,” kata Azis.
    Markarius Anwar, Sekretaris Komisi E DPRD Riau sebelumnya menyampaikan, bahwa embarkasi haji antara daerah setempat akan mulai operasionalnya pada tahun ini.
    “Uji coba operasional embarkasi antara Riau dimulai tahun ini. Tahap awal baru akan melayani calon jemaah dari dua kloter kabupaten/kota,” ujarnya.
    Lebih lanjut ia mengatakan, embarkasi haji antara yang mulai operasional tahun ini dilaksanakan di Kota Pekanbaru. Sedangkan dua kloter calon jamaah kabupaten/kota daerah setempat akan ditentukan oleh Kementerian Agama Kantor Wilayah Riau.
    “Calon jamaah haji Riau tahun ini bisa bernafas lega, pasalnya mereka tidak perlu lagi repot-repot ke Batam untuk keberangkatan mereka ke tanah suci Makkah,” ucap legislator ini.
    Sementara itu katanya lagi, untuk tempat penginapan sementara calon jamaah haji akan menggunakan rumah susun sewa bekas Pekan Olahraga Nasional pada 2012 yang berada di jalan Mekarsari, Kota Pekanbaru.
    “Untuk persiapan selanjutnya, akan disesuaikan berdasarkan rapat terakhir,” tambahnya.
    Pemerintah Provinsi Riau tengah mematangkan rencana persiapan embarkasi haji antara di daerah tersebut. Komitmen itu dilakukan sebagai upaya memberikan kemudahan dalam pelayanan ibadah haji.
    Asisten I Setdaprov Riau Ahmadsyah Harrofie dalam keterangan sebelumnya mengatakan, pertemuan dengan pihak terkait realisasi embarkasi haji antara di Riau terus dilakukan.
    “Memang kami kerjanya secara maraton. Pertemuan terus dilakukan untuk menyempurnakan rencana embarkasi haji antara untuk di Riau,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com