• Kejati Babel Gelar Diskusi Pemberantasan Tipikor

    0

        Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung menggelar diskusi terbuka tentang peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi (Tipikor) dengan tema “Masyarakat Sebagai Mitra Jaksa” pada Selasa, pagi.
    “Dalam diskusi ini akan membahas tentang Peraturan Pemerintah RI Nomor 71 Tahun 2000 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tipikor,” kata Kasi Penkum Kejati Bangka Belitung, Roy Arland di Pangkalpinang, Selasa.
    Ia mengatakan, dalam PP Nomor 71 tersebut dijelaskan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Tipikor diwujudkan dalam bentuk antara lain mencari, memperoleh, memberikan data atau informasi tentang Tipikor.
    “Dalam PP tersebut juga dijelaskan kalau masyarakat mempunyai hak menyampaikan saran dan pendapat secara bertanggung jawab terhadap pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi,” katanya.

         Ia mengatakan, penindakan dan pemberantasan Tipikor bukan merupakan tugas dan tanggung jawab aparat penegak hukum saja, namun juga merupakan tugas masyarakat dalam hal membantu mengumpulkan data dan informasi tentang tindak pidana korupsi tersebut.
    “Dalam hal ini tentunya menjadi penting peran masyarakat, bukan hanya sebagai seremonial atau hanya pencantuman nama masyarakat saja di dalam undang-undang,” ujarnya.
    Dikatakannya, dalam kegiatan diskusi ini juga untuk memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai tindakan-tindakan yang termasuk Tipikor sehingga bisa dilaporkan ke aparat penegak hukum.
    “Diharapkan para peserta bisa mengetahui dan menerapkan informasi yang didapatkan dalam diskusi ini ke lingkungan masyarakat dan lingkungan kerja,” katanya.
    Kegiatan diskusi terbuka yang diselenggarakan di Aula Kejati Babel tersebut diikuti oleh unsur tenaga pendidikan, Pemda, organisasi kemasyarakatan, LSM dan wartawan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com